LOS ANGELES – Pasar sedan bakal makin panas di 2019. Itu lantaran dua pabrikan mobil dunia, Toyota dan Nissan tengah menyiapkan sedan andalan mereka untuk dipasar di 2019 mendatang. Setelah Toyota menyiapkan tiga sedan barunya yakni Camry, Corolla dan Avalon, kini Nissan memastikan kehadiran dua jagoannya yakni Altima dan Maxima di Los Angeles Motor Show 2018.

Seperti dilansir dari Sindonews, Nissan mengatakan, Altima 2019 akan mengambil sebagian segmen penjualan Toyota Camry yang selama ini mendominasi pasar otomotif di Australia.

Secara keseluruhan, perbedaan yang terjadi di Altima 2019 cukup signifikan, terutama perubahan dari segi eksterior yang dibuat lebih elegan dan aerodinamis. Bumper depan dibuat lebih rendah dan grill yang lebih besar serta bumper depan yang runcing serta bentuk lampu yang elegan.

Lebih lanjut, dapur pacunya dibekali mesin bensin empat silinder V6 dan sebuah mesin hybrid supercharged dengan 190 kW dan torsi 340 Nm. Altima 2019 ini bisa jadi merupakan kendaraan Nissan hybrid pertama yang akan diluncurkan.

Sementara Nissan Maxima 2019, menawarkan ujung kap mesin yang lebar berbentuk V pada bemper depan. Desain lampu depan mirip bumerang, atap kabin tinggi dan terkesan mengambang. Senada dengan tampilan eksterior mobil, sisi interior juga dibalut dengan lapisan kulit berwarna hitam arang.

Untuk fitur tambahan lainnya, edisi khusus ini juga menggunakan pedal alloy, lampu LED, suspensi sport-tuned, dan peredam khusus. Untuk urusan tenaga, Maxima dibekali dengan mesin V6 3.5-liter yang dapat menghasilkan 300 tenaga kuda dan 261 pound-feet torsi.

Hal tersebut terhubung langsung dengan transmisi Xtronic yang memungkinkan mobil untuk kembali 22 mpg kota/30 mpg di jalan raya.

Tidak hanya hadir dengan warna hitam, rencananya edisi khusus ini juga akan tersedia secara eksklusif dalam lima warna diantaranya Brilliant Silver, Coulis Red, Deep Blue Pearl, Pearl White, dan Super Black.

Toyota menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk Camry generasi terbaru ini. Lihat deh tampangnya.

Toyota telah melakukan beragam perubahan untuk Camry 2018, mulai bagian atas sampai bawah. Kini jarak sumbu roda (wheelbase) Camry baru bertambah sekira 50,8 milimeter atau 2 inci lebih panjang dibanding sebelumnya. Jika ditotal panjang mobil sekira 4.859 mm. Tinggi mobil hanya 1.440 mm, sehingga posisi duduk pengemudi dan penumpang di kabin lebih rendah.

Bagian ekstrior dan interiornya diberi nuansa sporty. Menariknya lagi, performa mesinnya ditingkatkan. Toyota menyematkan mesin V6 3,5 liter dengan D-4S Fuel Injection. Tidak hanya satu mesin, Toyota juga menawarkan mesin 2,5 liter yang sudah dipasang dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Tersedia pula mesin hibrida yang dikolaborasikan dengan mesin 2,5 liter.

Toyota Avalon 2019 iniituitu XSE, Touring, XLE dan Limited. Ditopang mesin V6 3.5 liter 2GR-FKS, dan teknologi gabungan antara hibrid dengan gabungan mesin empat silinder 2.5 liter Dynamic Force THS II dengan motor elektrik 650 volt.

Sistem hibrid yang digunakan pada Avalon ini mendapat unit pengawal PCU yang lebih kecil dan ringan, dan tenaga 20% lebih rendah pada motor transaxle dan motor elektrik, 10% lebih rendah pada sistem penyejukan, konverter DC yang dioptimakan dan Auto Glide Control Yang dapat mengurangkan mesin pengereman agar mobil bisa melungsur lebih baik sebelum berhenti.

Toyota juga mengambil Berbagai langkah untuk menjadikan Avalon lebih sporty, disertai dengan suara Intake Sound Generator (ISG), Active Noise Control (ANC) dan Engine Sound Enhancement (ESE) agar terdengar lebih menarik. (*/liq)