PALOPO – Sebanyak 219 siswa SMP Negeri 9 Palopo mengikuti USBN BK 2018 (Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer). USBN tersebut digelar secara mandiri di gedung SMP Negeri 9 sendiri. Ada dua ruangan yang digunakan dimana ada 3 sesi pelaksanaan ujian itu.

“Jadi kita pakai dua ruangan, dimana pelaksanaan USBN kami lakukan dalam 3 sesi, setiap sesi untuk 2 kelas. Jadi memang ada 6 kelas yang ikut,” ujar Hasrul, teknisi SMPN 9 Palopo.

Menurut Hasrul, para siswa sudah mengerti sistem ujiannya meskipun menggunakan teknologi komputer, karena sebelumnya sudah dilakukan beberapa kali simulasi ujian. Sedangkan proses pelaksanaan USBN tersebut hingga hari ke 4 masih berjalan aman dan lancar.

“Alhamdulilah semua aman. Hari ini semua siswa hadir. Untuk siswa yang tidak hadir sesuai jadwal yang ditentukan nanti kita beri ujian susulan,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan pada ujian itu tidak ada sekolah yang menumpang. “Untuk USBN rata-rata sekolah sudah mandiri, tapi nanti pada UNBK, ada dua sekolah yang ikut menumpang di sekolah kami karena keterbatasan sarana ujian,” tambahnya.

Diketahui ujian tersebut akan berlangsung hingga kamis ini, (19/04/18). Para siswa yang berhalangan hadir akan diberikan ujian susulan sebelum pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang rencananya akan digelar pada 23 April mendatang secara serentak di Indonesia. (apl/liq)