Pencairan dana PIP untuk siswa SMPN 5 Palopo di BRI Unit Balandai akhir Februari lalu.
Pencairan dana PIP untuk siswa SMPN 5 Palopo di BRI Unit Balandai akhir Februari lalu.

KORANSERUYA.com–Sebanyak 55 siswa SMPN 5 Palopo menerima Dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP). Pencairan dana PIP ini dilakukan pada Jumat (24/2) lalu di Bank Rakyat Indonesia (BRI) unit Balandai setelah memenuhi kelengkapan berkas yang ditentukan pemerintah pusat. Tidak ada potongan sepeser pun dari penerima bantuan PIP ini.

Pencairan dana PIP Jumat lalu merupakan tahap ke-14 dengan jumlah penerima sebanyak 45 siswa. Menurut pengelola PIP SMPN 5 Palopo, Murpah pada tahap ini sebanyak 24 siswa kelas VII dan 21 siswa kelas VIII.

Dalam setiap tahap pencairan grafik jumlah penerima bantuan selalu naik turun alias tidak menentu, hal ini bergantung pada kuota yang disediakan pemerintah pusat. “Bahkan bisa jadi tidak ada kuota untuk sekolah kami bagi penerima PIP,” ujar Murpah baru-baru ini.

Lanjutnya, sebagai contoh bahwa pada tahap 11 lalu, jumlah siswa penerima bantuan PIP sekitar 70 orang. Sementara pada tahap 12 dan 13 tidak ada siswa SMPN 5 yang menerima bantuan, tetapi sekolah lain ada yang menerima. Di tahap 14 barulah siswa SMPN 5 kembali mendapatkan bantuan PIP. “Karena kuota penerima bantuan ditentukan sepenuhnya oleh pusat,” kata Murpah.

Bantuan ini diberikan secara bertahap setiap tahun pelajaran. Kuota setiap kali pencairan pun tidak sama. Kemudian, jika SMPN 5 mendapat kuota dalam penerimaan bantuan, pengelola bantuan PIP akan dihubungi oleh Dinas Pendidikan Kota Palopo. Kata Murpah, data siswa dikirim melalui email ke akun pengelola bantuan PIP di sekolah.

Dalam pencairan dana PIP Jumat lalu, siswa menandatangani berkas di Bank BRI unit balandai lalu kembali ke sekolah untuk menandatangani bukti penerimaan bantuan. Bantuan tersebut diberikan kepada orang tua siswa didampingi siswa yang menerima bantuan. Berkas yang harus dipenuhi siswa ialah membawa surat keterangan dari sekolah sebagai pengantar untuk ke Bank. Pencairan tahap sebelumnya, siswa membawa foto copy rapor, namun pada tahap ini tidak lagi.(ayu/kin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 1 =