PALOPO — Dalam rangka meningkatkan kemampuan, pengetahuan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Luwu saat melakukan tugas pengawasan pada Pilkada mendatang maka mereka diberikan Bimbingan Tekhnis (Bimtek).

Bimtek yang diikuti 66 anggota Panwascam ini digelar di Hotel Mulia Palopo, selama dua hari Sabtu 25 sampai hingga Minggu 26 November hari ini.

Kegiatan ini digelar Panwas Kabupaten Luwu guna memaksimalkan pengawasan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu dan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sulsel Tahun 2018.

Dalam sambutannya Ketua Panwaslu Syam Abdi, berharap agar para anggota Panwascam se Kabupaten Luwu dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Sebab, materi yang disampaikan ini sama dengan materi Bimtek anggota Panwas Luwu yang lalu.

“Sebagai Panwas harus memahami regulasi, seperti siapa yang diawasi, jangan sampai yang kita awasi lebih tahu aturannya ketimbang kita makanya Bimtek ini harus diikuti. Teman-teman panwascam kerja didalam satu lembaga jadi harus selalu menjaga soliditas sesama pengawas Pemilu, tidak boleh ada hal-hal yang menjadi bomerang antara kita, jangan bermain-main dalam mengawasi,” ujar Sam Abdi.

Sam menegaskan kepada seluruh anggota Panwascam se Kabupaten Luwu harus menjaga Integritasnya.

Panwascam tidak boleh ikut-ikutan berpolitik atau membahasa politik karena Panwas diawasi dari tingkatan pusat hingga bawah.

Panwas di tingkat kecamatan dan kabupaten merupakan sebuah keluarga yang harus dijaga kekompakan dan integritas.

“Jagan coba masuk ke dalam wilayah politik ingat kalau kita ini pengawas, dimana ada undang-undang beri kita kewenangan sebagai penyelenggra Pemilu yang memiliki Kode etik. Jika Kode etik dilanggar atau bermasalah maka akan di tamatkan sebagai Panwascam. Sementara itu selesai kegiatan ini akan semua ada evaluasinya,” jelasnya.

Sekretaris Panwascam Anwar Amir menyampaikan tujuan dari Bimtek ini untuk menambah pengetahuan serta kemampuan para Panwascam agar bisa menguasai tugas pokok dan pemahaman terhadap UU Pemilu.

Pada pelaksaan Bimtek ini para Panwascam bisa menjalankan tugasnya ke depan sesuai dan sejalan dengan undang-undang yang berlaku. (eca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 5 =