LUWU – Sebanyak 9.868 warga Kab. Luwu yang belum melakukan perekaman e-KTP. Jumlah tersebut tersebar di 22 Kecamatan dan 227 Desa di Kab. Luwu.

Komisioner KPU Luwu, Zulkifli dari Divisi Perencanaan, Program dana Data meminta kepada tim pemenangan pasangan calon (paslon) untuk sama-sama mendukung proses perekaman data penduduk dalam rangka penerbitan e- KTP oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Mengingat jumlah pemilih yang belum melakukan perekaman e- KTP di Kabupaten Luwu masih sangat banyak.

KPU mengingatkan tim sukses dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Luwu, Basmin Mattayang-Syukur Bijak (BM-SBj) dan Patahudding-Emmy Tallesang (Pata-Emmy) untuk terus mengawasi tahapan perekaman e-KTP sebagai syarat untuk menyalurkan hak suara saat hari pemilihan kepala daerah Juni 2018 mendatang.

KPU Luwu pasca penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 18 April 2018 lalu, telah melewati proses panjang dalam melakukan pemutakhiran data. Kurang lebih tiga bulan tahapan ini dilaksanan mulai proses coklit sampai pada penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan kemudian ditetapkan sebagai DPT yang jumlah 248.113.

“Koordinasi sudah dilakukan dengan Disdukcapil terkait hal ini.Dalam rangka mencari solusi percepatan dalam menyelesaikan proses perekaman, kami sudah menyodorkan nama-nama non e-KTP hasil coklit ke Disdukcapil yang kemudian akan dilakukan penyisiran ke desa desa dibantu oleh penyelenggara kami PPK dan PPS. Dukungan para tim paslon saya rasa ini sangat penting kalau perlu dalam kesempatan menyampaikan kampanye,” ungkapnya.

Diharapkan dengan dukungan semua elemen masyarakat terhadap tingkat partisipasi pada pilkada ini semakin baik, sehingga mampu mewujudkan pilkada yang berkualitas dan memastikan masyarakat Luwu bisa menggunakan hak pilihnya pada pilkada 2018 mendatang. (eca/liq)