Jalan rusak di desa Tawaroe kecamatan Dua Boccoe Bone

KORANSERUYA.COM–Jalur poros Bone-Wajo tepatnya di desa Welado kecamatan Ajangale dan desa Tawaroe kecamatan Dua Boccoe terancam amblas terkikis abrasi sungai Walannae.

Bahkan beberapa titik jalan di dua desa ini telah rusak sehingga membahayakan pengguna jalan lintas kabupaten tersebut.

Amblasnya jalan tersebut membahayakan pengguna jalan setempat, diduga penyebab rusaknya karena aktifitas tambang yang mengeruk pasir di dasar sungai Walannae tepat disamping jalan poros tersebut.

Salah seorang tukang becak motor (bentor),  Muhlis, 50, yang setiap hari melalui jalan tersebut berharap pemerintah segera memperbaiki kerusakan jalan, kata dia jika dibiarkan kerusakan jalan dipastikan bertambah parah.

“Kalau tidak hati hati bahaya kalau lewat disini, sebagian jalan sudah amblas, kerusakan ini baru sejak sebulan yang lalu,” kata Muhlis.

Dia mengatakan penyebab rusaknya jalan karena pasir yang sebelumnya ada di dasar sungai diambil, padahal pasir tersebut yang mengikat lumpur, dan akibatnya tanah yang ada di atasnya jadi amblas dan merusak aspal tersebut.

Kabid Jalan dan jembatan Dinas PU Kabupaten Bone, Jibang mengatakan kerusakan jalan tersebut telah dilaporkan, kendati demikian jalur poros Bone-Wajo yang rusak tersebut adalah jalanan nasional.

“Saya sudah laporkan, orang dari Balai jalan di provinsi juga sudah melakukan survei di lokasi, kemungkinan 2018 mendatang akan dilakukan perbaikan pada jalan tersebut,” kata Jibang. (abdulwarishasrat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + nineteen =