asian games, asian games 2018
Asian Games 2018.

KORANSERUYA.com–Rapat koordinasi panitia Asian Games 2018 (Corcom AG 2018) akhirnya memutuskan even olahraga terbesar di Asia itu akan mempertandingan 484 nomor pertandingan dari 42 cabang olahraga.

Dari 42 cabor tersebut, 10 cabor akan digelar di Palembang sedangkan sisanya di Jakarta dan sekitarnya.

“Hari ini pertemuan berlangsung baik, seperti halnya kemarin. Seluruh venue mulai rekonstruksi dan selesai akhir tahun. Itu baik adanya. Dan juga hari ini kami memfinalisasi 484 nomor olahraga,” kata Pimpinan Corcom yang juga Ketua Komite Dewan Olimpiade (OCA), Tzunekazu Takeda, kepada pada media di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (6/3) siang.

“Kami sangat puas dengan pertemuan hari ini, saya yakin Asian Games akan sukses,” katanya menambahkan.

Pada Corcom yang berlangsung Sabtu (4/3), peserta Rapat Delegasi Teknik sempat berdebat soal penetapan jumlah nomor pertandingan karena beberapa terkesan dipotong.

Misalnya saja, tenis meja dari tujuh nomor berkurang ke lima nomor lantaran INASGOC lebih memilih nomor yang dipertandingkan di Olimpiade ketimbang memaskukkan nomor-nomor yang biasa dipertandingkan di Asia tapi tidak memberikan medali buat Indonesia.

Indonesia sebagai tuan rumah sendiri memang bertekad untuk menekan jumlah nomor pertandingan hingga ke angka maksimal 490 nomor agar anggaran tak membengkak.

Jumlah 484 nomor pertandingan sendiri lebih tinggi ketimbang Asian Games 2014 yaitu total 439 nomor dari 36 cabang olahraga.

(kin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 5 =