LUWU – Asisten 1 Pemkab Luwu, Andi Mudzakkir memuji BPBD Luwu yang selalu siap siaga menghadapi bencana. Pujian itu dia lontarkan dalam memperingati hari kesiapsiagaan yang tetap konsisten siap menghadapi semua hal yang terkait bencana, bersama dengan beberapa komunitas, kegiatan ini dilaksanakan di halaman kantor BPBD Luwu, Kamis(26/04).

“Saya sangat salut dengan BPBD Luwu yang dipimpin pak Jihad selalu siaga. Buktinya hari ini menggelar hari kesiapa siagaan bukti selalu siap para mitra kerja juga semua hadir. Ini memperlihatkan kesiapannya dalam mengemban amanah sebagai penanggulangan bencana,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Sekretaris BPBD Luwu Hasta Bulu mengatakan terima kasih atas pujian yang dilontarkan Asisten 1 Luwu. Kendati demikian, pihaknya tidak ingin larut dalam pujian. Justru sanjungan itu mereka jadikan cambuk untuk berkerja lebih baik.

“Melalui kesempatan ini kami juga sampaikan sarana dan prasarana yang ada di badan penanggulangan bencana daerah Kab. Luwu masih perlu ditingkatkan. Mengingat wilayah Kabupaten Luwu sangat rawan terjadinya bencana dan membutuhkan respon yang cepat serta penanganan pencegahan dan penanganan pasca bencana yang optimal kami sangat berharap dapat lebih diperhatikan,” ungkapnya.

Kepala BPBD Luwu Jihad, mengatakan tujuan dari hari kesiap siagaan yang dirangkai dengan latihan ini, agar peserta memiliki pengetahuan, wawasan dan keterampilan mengenai pelaksanaan penanggulangan bencana dan dapat mengaplikasikan ketentuan yang berlaku di badan penanggulangan BPBD sesuai standar operasional prosedur serta membentuk personil yang tekun, handal dan berjiwa tangguh terhadap bencana.

“Saya berharap semua bisa mengikuti dengan seksama,” ungkapnya.

Peserta pendidikan dan pelatihan ini berjumlah 100 orang, 60 personil tim reaksi cepat (TRC) BPBD Luwu, 40 relawan terdiri dari PMI, tagana dan senkom. Narasumber Instruktur pada pendidikan dan pelatihan, Bupati Luwu, Kepala Pelaksana BPBD dan Kepala Kantor Basarnas Kota Palopo bersama timnya. Waktu pelaksanaan. pelaksanaan pelatihan berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 26 hingga 27 April 2018. (eca/liq)