Puskesmas Belopa, Kabupaten Luwu mendukung program bulan deteksi dini kanker serviks.
Topik Populer
#Gempa Palu

KORANSERUYA.COM — Memperingati HUT ke-49, BPJS Kesehatan menetapkan bulan deteksi dini kanker serviks, salah satu penyakit menyerang wanita yang sulit di deteksi pada stadium awal.

Bulan deteksi dini kanker dikhususkan bagi peserta BPJS Kesehatan yang dimulai pada 13-31 Juli 2017. Pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui IVA/Papsmear ini merupakan salah satu upaya unggulan untuk menekan prevalensi kanker serviks pada peserta JKN-KIS.

BACA JUGA :Luwu dan Lutra Belum Programkan BPJS Kesehatan Cakupan Semesta Bagi Warganya, Tidak Peduli Ya?

“Layanan pemeriksaan IVA/Papsmear ini dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Yusuf Eka Darmawan, SE MM AAAK CPHRM IT IL di sela perayaan HUT BPJS Kesehatan, Sabtu (15/7).




Kanker serviks sebetulnya paling mudah dicegah dan dideteksi. Caranya dengan melakukan deteksi dini dan pemberian vaksinasi.

“Oleh karena itu, diimbau kepada seluruh peserta JKN-KIS untuk melakukan deteksi dini di fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau sarana penunjang lain yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” katanya.

BACA JUGA :Ada Wahana Out Bound Baru di Luwu Utara

Selain menetapkan bulan deteksi dini kanker, BPJS Kesehatan Cabang Palopo juga melakukan kunjungan ke RS dan Puskesmas yang ada di Palopo. Mereka membagikan bingkisan dan mendengar keluhan dari para pasien peserta BPJS Kesehatan. (asm)

Pimpinan dan Karyawan BPJS Kesehatan Cabang Palopo.