Maheswara dan Kanaya Maheswara dan Kanaya

KORAN SERUYA — Kanaya (10) dan Maheswara (8) asyik bermain mobil-mobilan. Kanaya sebagai sopir sementara adiknya Maheswara mendorongnya. Saat mobil terbalik, keduanya tertawa keras. Bosan main mobil keduanya lalu berkejar-kejaran di rumah milik Nurlaely di Jl dato Sulaeman Lorong 4 Palopo, siang tadi. Nurlaely adalah nenek dari dua bocah itu.

Dua anak ini dilaporkan oleh ibu kandungnya Nining Aditia Maharani (31) telah disandera oleh neneknya. Masalahnya, karena Nining menggadaikan mobil peninggalan keluarga sebesar Rp 12 juta.

Kepada koran ini, Nurlaely dengan tegas membantah telah menculik Kanaya dan Maheswara. Bu haji sapaan akrabnya mengatakan Kanaya dan Maheswara sendiri yang ingin tinggal dengannya. Disebabkan kedua bocah tersebut takut akan dipukul oleh ayah kandungnya bila kembali ke rumah orang tuanya.

“Naya dan Baso menangis ingin tinggal disini. Jika ini penculikan berarti saya yang memaksa kedua anak tersebut untuk ikut dengan saya. Kenyataannya mereka berdua sendiri yang ingin tinggal disini,” ujarnya sambil menunjuk kedua anak yang sedang asyik bermain dengan teman sebayanya.

Menurut pengakuan Nurlaely, saat berada dalam asuhan orang tuanya, Kanaya dan Maheswara tidak terurus dengan baik. Tak jarang pula mereka bolos sekolah. Yang lebih menyayat hati, kedua bocah tersebut harus bekerja layaknya orang dewasa. Kanaya menjadi baby sitter dengan menjaga anak tetangga sedangkan adiknya Maheswara harus rela menjadi kuli bangunan.

Hal inilah yang membuat hati Nurlaely terenyuh. Makanya dia berinisiatif memelihara kedua cucu kesayangannya itu. “Silahkan pelihara Naya dan Baso, tapi mereka harus jamin kehidupan cucu saya,” katanya lirih.

Sebelumnya, Nining dan suaminya melaporkan Nurlaely ke Polres Palopo karena diduga menyandera anaknya. Namun, laporan tersebut ditolak Polres. Tak patah arang, Nining lalu mengadukan masalah tersebut ke DPRD Palopo. Informasi yang dihimpun Koran ini menyebutkan lantaran dua anaknya tersebut disandera oleh neneknya, Nining sempat mencoba mengakhiri hidupnya dengan menabrakan diri ke mobil yang melintas. Namun, aksinya berhasil dicegah warga. (liq/adn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × four =