PALOPO – Belum lama ini, SMP Negeri 7 Palopo menggelar sosialisasi anti pungli, di sekolahnya. Sosialisasi tersebut bekerjasama dengan Satgas Saber Pungli (Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar) dari Polres Palopo.

Pieter Nangko, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 7 Palopo, mengatakan bahwa kegiatan satgas saber pungli merupakan upaya dalam meminimalisir tindakan pungutan liar yang dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

“Sosialisasi ini menjelaskan terkait pungli, aturannya dan mengajak kita semua agar tidak ada praktek pungli,” katanya.

Pieter menambahkan pada umumnya dalam sosialisasi tersebut aparat menjelaskan bahwa pelaku pungli adalah orang yang memberi dan menerima pungutan berupa uang yang tidak sesuai aturan yang berlaku.

“Jadi keduanya dapat diberikan sanksi baik yang memungut biaya maupun yang memberikan,” tambahnya.

Kegiatan yang dihadiri sejumlah guru tersebut mengajak agar dapat bekerja sama dan membantu pihak aparat dalam memberantas kegiatan pungli. Dimana masyarakat dihimbau untuk melaporkan segala macam praktek yang terindikasi pungli di Kota Palopo.

“Kami pihak sekolah mendukung segala upaya yang dilakukan satgas untuk menertibkan dan memberantas praktek pungli,” tutup Pieter. (apl/liq)