Desain stadion lagaligo Palopo yang beredar luas di dunia maya. Dinas PUPR baru akan melelang proyek ini dalam waktu dekat.

PALOPO — Desain rehab berat stadion Lagaligo Palopo beredar di dunia maya Facebook. Desain keren itu pertama kali diposting oleh Kasubag Protokoler Pemkot Palopo, Wahyudin dan kini beredar luas. Wahyudin mengunggah desain itu sambil menulis pra desain stadion lagaligo Palopo.

Ya, pemerintah Kota Palopo memang saat ini tengah menyusun rancangan untuk merehab stadion lagaligo. Pemkot Palopo berharap, ada dan suntikan melalui APBN dalam hal ini kemenpora.

BACA JUGA :Anggaran DED Rehab Berat Stadion Lagaligo Rp130 Juta

Dihubungi via ponselnya Minggu (4/11/18) malam terkait beredarnya desain itu, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Palopo, Hamsyari mengaku belum melihat desain beredar. Meski demikian, pihaknya tidak mempermasalahkan. Malah kata dia bisa menjadi referensi atau bahkan nantinya menjadi desain untuk rehab stadion.

“Tidak ada masalah, malah itu bagus. Bisa menjadi referensi nantinya,” kata Chalik, sapaan akrab Hamsyari.

Chalik menjelaskan, dana Detail Engineering Design (DED) melekat di dinas PUPR Palopo yang di plot pada APBD Perubahan tahun anggaran 2018 sebesar Rp242 juta.

“Kita hanya buatkan desainnya. Desain inilah nantinya yang diusulkan ke kementerian untuk mendapatkan dana pusat. Kan kalau nanti pemkot usul, pasti diminta RAB-nya,” jelasnya.

Pihaknya, lanjut Chalik dalam waktu dekat akan mengusulkan lelang DED stadion lagaligo Palopo ke Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

“Dalam waktu dekat kita akan lelang. Karena anggarannya di APBD perubahan ini, lelangnya harus dipercepat,” sebutnya.

Desain stadion lagaligo Palopo yang beredar luas di dunia maya. Dinas PUPR baru akan melelang proyek ini dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Komisi II bersama Dinas PUPR dan Dispora melakukan rapat membahas rehab stadion. Anggota Komisi II, Bakri Tahir mengatakan stadion berkapasitas kurang lebih 15 ribu orang itu memang sudah selayaknya direhab. Apalagi kata Bakri ada dana dari kemenpora yang bisa dimanfaatkan.

“Ada dana dari pusat, bantuan untuk seluruh stadion. Ini bisa dimanfaatkan,” kata legislator PAN itu.

Bakri menjelaskan, sebenarnya dana rehab untuk stadion sedianya sudah ada di tahun 2018 ini, tetapi ditunda.

“Harusnya tahun ini sudah direhab, tapi dipending. Dananya ditarik kembali karena adanya pelaksanaan Asian Games kemarin,” sebutnya.

Untuk rehab stadion lanjut Sekretaris DPD PAN Palopo itu, membutuhkan dana yang tidak sedikit. Banyak yang mau diperbaiki. Khususnya tribun stadion, dan penerangan agar stadion bisa dimanfaatkan di malam hari.

“Anggaran untuk rehab diperkirakan mencapai Rp20 miliar,” katanya.

Sementara itu, anggota komisi II lainnya, Budiman menyampaikan pendapat berbeda. Kata dia, badan anggaran sudah memplot anggaran Detail Engineering Design (DED) untuk rehab stadion di APBD 2018. Hanya saja, nilai anggaran DED berbeda disebutkan Budiman dengan yang disebut Chalik.

“Anggaran DED Rp130 juta sudah di plot. Kita harus tunggu DED-nya dulu karena ini menjadi acuan nantinya rehab stadion,” katanya. “Ini juga menjadi dasar, bagaimana supaya ada dana bantuan dari kementerian pemuda dan olahraga,” tambahnya. (asm)

Desain stadion lagaligo Palopo yang beredar luas di dunia maya. Dinas PUPR baru akan melelang proyek ini dalam waktu dekat.