River Tubing di Sungai Balebo, Luwu Utara
River Tubing di Sungai Balebo, Luwu Utara

KORANSERUYA.com. Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan , memang menyimpan banyak objek wisata terutama pemandangan alamnya. Bagi Anda yang ingin berwisata untuk liburan besok tak perlu jauh-jauh.  Sejak beberapa waktu lalu, Komunitas Rumah Panggung Desa Baloli, Kecamatan Masamba, menawarkan wisata alam jelajah sungai Balebo menggunakan river tubing atau ban dalam mobil besar.

Selain sensasi arus sungai Balebo yang cukup deras dan jernih, peminat river tubing juga disuguhi pemandangan alam sepanjang kurang lebih satu kilometer. Di sisi kiri kanan ada hutan yang masih terpelihara dengan baik. Mulai dari Desa Maipi hingga ke Desa Baloli. ” Sensasinya beda. Satu kali mencoba river tubing, saya ingin datang lagi ke sini,” kata Eko, warga Makassar, yang mengaku baru satu kali mencoba river tubing, Minggu (27/3).

River Tubing di Sungai Balebo, Luwu Utara
River Tubing di Sungai Balebo, Luwu Utara

Untuk satu kali river tubing, peminat dipungut biaya Rp 35 ribu. Namun, minimal harus 10 orang dalam satu kelompok. Komunitas Rumah Panggung memberikan fasilitas mengantar hingga ke Maipi. Bagi yang takut tenggelam, jangan khawatir karena pengelola sangat memperhatikan keselamatan. Peminat dilengkapi dengan pelampung, helmet dan pelindung kaki untuk mencegah benturan batu di sungai.

Bukan hanya itu, untuk satu kali river tubing ada instruktur yang selalu mendampingi. Istimewanya, pengelola juga menyewa fotografer profesional untuk mengambil foto peserta river tubing yang ingin selfie-selfie.

River tubing adalah kegiatan meluncur bebas diatas permukaan sungai yang berarus ringan dengan menggunakan ban dalam mobil. Seperti layaknya rafting, peserta juga dilengkapi dengan helmet, pelampung keselamatan dan pelindung kaki. Berminat? (fim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 1 =