smpn 3 palopo, berita palopo
Suasana bimtek SPMI yang diadakan LPMP Sulsel di SMPN 3 Palopo, Senin (31/7) lalu. (ft/jun)
Topik Populer
#Gempa Palu

KORANSERUYA.COM–Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulsel bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Palopo menggelar bimbingan teknis sistem penjaminan mutu internal (SPMI) digelar di SMPN 3 Palopo pada, Senin (31/7).

Bimtek ini diikuti 20 peserta yang merupakan guru perwakilan sekolah model yang ada di Palopo yakni dari tingkat SD, SMP dan SMK.

BACA JUGA: Sekolah Rujukan, SMPN 1 Pelatihan Karya Ilmiah

Widyaiswara LPMP Sulsel yang juga Pendamping Bimbingan Teknis SPMI, Abduh Makka mengatakan bimtek ini untuk membekali para guru dalam peningkatan mutu sekolah. Peningkatan mutu ini sendiri untuk memenuhi persyaratan standar mutu pendidikan mengacu pada Kurikulum 2013 (K-13).

Suasana bimtek SPMI yang diadakan LPMP Sulsel di SMPN 3 Palopo, Senin (31/7) lalu. (ft/jun)

“Setidaknya ada delapan standar mutu pendidikan yang harus dipenuhi setipa sekolah. Item-itemnya itu sudah diketahui semua sekolah. Ini yang kami genjot agar bisa dipenuhi,” kata Abduh.

BACA JUGA: SMPN 5 Palopo Juara Umum II Smansa Hiking Competition 2017

Sementara itu, pemateri bimtek lainnya, Ilham yang juga pengawas dari dinas pendidikan menjelaskan bimtek yang diberikan LPMP ini untuk mensosialisasikan sistem penjamin mutu internal, penjelasan standar nasional pendidikan dan kerja kelompok untuk rapor mutu. “Juga melengkapi Evaluasi Diri Sekolah (EDS),” jelas Ilham.

Bimtek ini sendiri difokuskan pada sekolah tingkat SD, SMP, SMA sederajat yang berstatus sekolah model. Untuk Kota Palopo, bimtek SPMI dipusatkan di dua sekolah. “Selain di SMPN 3 ini, juga dilaksanakan di SMPN 8 Palopo,” katanya.

Kepala SMPN 3 Palopo, Kartini Alwi berharap dari bimtek ini para peserta, khususnya dari SMPN 3 bisa memahami betul materi yang diberikan sehingga nantinya diterapkan di sekolah. “SPMI ini yang jadi perhatian serius karena memang jadi tuntutan untuk meningkatkan mutu pendidikan,” kata Kartini.

(jun/kin)