BELOPA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu akan menggelar Kursus Kepemiluan dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat menuju pemilu berkualitas.

Program kegiatan Kursus Singkat Kepemiluan adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Suherman selaku staf KPU Luwu Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM.

“Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya dimana mereka diberikan pendidikan mengenai kepemiluan yang nantinya akan ditempatkan sebagai pelopor demokrasi dengan membentuk komunitas-komunitas peduli pemilu”, ujar Suherman, Sabtu (01/12/2018).

Lanjut, Suherman menjelaskan bahwa Peserta kursus ini nantinya akan menjadi mitra KPU Kabupaten Luwu dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih. Bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.

“Program pengembangan komunitas peduli pemilu dan demokrasi merupakan ikthiar untuk melahirkan embrio komunitas yang peduli dengan isu-isu pemilu dan demokrasi. Embrio ini kemudian diharapkan tumbuh dan berkembang secara mandiri. Dalam jangka panjang, entitas ini dapat menjadi mitra strategis KPU dan masyarakat untuk bersama-sama membangun mutu pemilu dan demokrasi”, jelasnya.

Untuk diketahui, program Kursus Kepemiluan ini akan dilaksanakan 8 – 10 Desember 2018. Sementara untuk pendafataran dibuka sejak 28 November lalu sampai 5 Desember mendatang di Kantor KPU Luwu.