PALOPO – Belum lama ini, SMP Negeri 7 Palopo melakukan tes kebugaran kepada siswa mereka. Hal tersebut difasilitatori oleh Dinas Kesehatan Kota Palopo.

Dalam tes kebugaran tersebut dilakukan screening terhadap panca indra. Screening merupakan sebuah program pencegahan ataupun penanggulangan terhadap lima panca indera pada manusia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari agar tetap berfungsi dengan baik.

“Indera yang baik dan sehat merupakan hal yg penting dan menunjang proses pembelajaran siswa, sehingga tes kebugaran ini memang perlu dilakukan,” kata Pieter Nangko, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 7 Palopo.

Pieter menjelaskan tidak ada alasan untuk tidak menyambut baik kegiatan pemeriksaan kesehatan dan kebugaran bagi para siswa. Gangguan kesehatan secara nyata bisa menjadi kendala bagi para penyandangnya untuk menjalani hidup yang lebih berkualitas dan produktif.

“Selain mengecek fungsi dan kesehatan indera siswa, hal tersebut juga mengisyaratkan agar para siswanya memelihara dan merawat kesehatan dengan baik,” jelasnya.

Selain memeriksa siswa, sejumlah kegiatan seperti senam pemanasan dilakukan untuk meningkatkan kebugaran siswa. “Kemarin banyak yang dilakukan agar kita tahu siswa kesehatannya baik atau tidak. Seperti senam, cek kesehatan mulut, telinga dan mata, selain itu juga siswa diikur tingginya,” pungkasnya. (apl/liq)