Coblos Ulang 6 TPS di Palopo, Satu Suara Dibandrol Rp 1,5 Juta

11711

PALOPO — KPU Palopo memastikan menggelar Pemilihan Suara Ulang (PSU) di Enam TPS. Coblos dijadwalkan antara 25 April hingga 27 April 2019.

Caleg sudah mengetahui masing-masing perolehan suaranya melalui CI yang dikumpul. Dengan coblos ulang ini maka dapat dipastikan harga satu suara melambung tingi.

PSU di enam TPS di Palopo menjadi momok tersendiri bagi caleg yang sudah mengklaim mengamankan satu kursi di partainya. Juga menjadi kesempatan kedua bagi caleg yang berada di urutan kedua peraih suara di internal partai.

Khususnya bagi caleg yang suaranya selisih tipis. Ada harapan bagi mereka untuk merebut suara terbanyak. Sementara caleg yang meraih suara signifikan berusaha mempertahankan perolehan suaranya.

Sudah bukan rahasia umum lagi, sejumlah caleg melakukan praktek money politic alias serangan fajar. Dengan PSU, otomatis mereka kembali merogoh kocek untuk menambah atau paling tidak mengamankan suara. Salah satu caleg incumbent Palopo mengakui hal itu. Bahkan timnya sudah melakukan investigasi terkait harga suara di pasaran.

Jika sebelumnya berkisar Rp100 ribu hingga Rp300 ribu, khusus untuk PSU naik hingga 4 kali lipat.

“Berdasarkan pantauan tim investigasi dilapangan, terutama 2 TPS di Wara Timur yang akan melakukan PSU, harga pasaran sudah tembus Rp700 ribu per kepala,” kata salah satu caleg incumbent di grup WhatsApp, Senin (22/4/2019).

Ia bahkan memperkirakan, harga tersebut masih akan merangkak naik. Bisa tembus di angka Rp1,2 juta per suara. “Waspadalah, karena masyarakat sudah berani pasang harga tinggi,” tandasnya.

Apa yang diucapkan caleg incumbent tersebut berbanding lurus dengan salah satu pengakuan warga Palopo yang ada di Kecamatan Wara Timur.

Warga yang enggan disebutkan namanya itu mengaku sudah didatangi tim caleg. “Di rumah sudah ada yang tawarkan Rp1,5 juta untuk satu suara di TPS 7,” kata warga yang memilih di TPS 7 Kelurahan Surutanga, Kecamatan Wara Timur itu. TPS 7 itu merupakan salah satu TPS yang akan melakukan PSU. (asm)

TPS Coblos Ulang di Palopo

1. TPS 7 Kelurahan Boting
2. TPS 8 Kelurahan Boting
3. TPS 12 Kelurahan Lagaligo
4. TPS 7 Kelurahan Surutanga
5. TPS 3 Kelurahan Malatunrung
6. TPS 4 Kelurahan Tomarundung. (*)