datu Luwu sematkan pin Kedatuan ke IYL
datu Luwu sematkan pin Kedatuan ke IYL
Topik Populer
#Gempa Palu
KORANSERUYA.COM — Pilihan politik Datu Luwu Andi Maradang Mackulau semakin jelas. Secara khusus, tokoh kharismatik di Tana Luwu ini menitipkan amanah kepemimpinan ke Ichsan Yasin Limpo (IYL) untuk mewakafkan diri bersama membangun Sulsel.
Sebagai bentuk dukungan dan apresiasinya ke kandidat yang dikenal peduli kemanusiaan dan pendidikan ini, Datu Luwu menyerahkan pin kedatuan ke IYL saat bersilaturahmi, Sabtu (22/07/17). Pin yang didalamnya sarat pesan tentang kepemimpinan, hanya disematkan kepada orang yang bisa menjaga amanah, dan punya ketulusan dalam mensejahterakan rakyatnya. Pin berwarna emas yang berukirkan simbol kedatuan ini, diserahkan Datu Luwu ke IYL jelang penentuan pasangan di Pilgub Sulsel.




Pin ini juga sekaligus pendorong, bahwa apapun hambatan dan tantangan kedepannya, Punggawa, julukan yang disematkan ke IYL tak boleh gentar demi kemaslahatan rakyat. Bagi Datu Luwu, pin yang disematkan langsung ke IYL, memuat tiga simbol. Pertama adalah “Singkeru Simulajaji”. “Artinya, jadilah pemimpin yang memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Karena pemimpin tanpa rakyat itu tidak ada apa-apanya. Saya ada karena rakyat,” ulas Datu Luwu.
Kedua adalah simbol payung. Payung yang dalam keseharian kita, digunakan untuk melindungi dari kucuran air hujan, atau terik matahari. Namun Datu Luwu mengartikan, Payung adalah simbol, sebagai seorang pemimpin harus benar-benar memegang amanah dan janji. “Ketiga, dalam pin ini ada simbol Pakta. Artinya, pin ini hanya dimiliki seorang pemimpin. Pakta berarti seorang pemimpin harus mementingkan rakyatnya. Diatas kepentingan keluarga dan pribadi,” tutur Datu Luwu. IYL sejak yang sejak awal menyimak penjelasan Datu Luwu, sesekali terlihat mengangguk.
Pertanda Bakal Calon di Pilgub Sulsel 2018 itu memahami keinginan Datu Luwu. Sesaat sebelum memberikan pin, Datu Luwu sempat berujar kepada IYL, agar Ketua PMI Sulsel itu menjadi orang Luwu. Usai menjelaskan tiga simbol itu, Datu Luwu menutupnya dengan menyematkan pin ke dada kiri IYL. Tepat di atas logo Salam Punggawa di baju IYL. Usai disematkan pin, IYL yang mengenakan kemeja putih yang dibagian dada kiri termuat logo salam punggawa, berkomitmen untuk menjaga pesan dan amanah Datu Luwu. “Saya tidak akan sia-siakan amanah ta’,” pungkas IYL kepada Datu Luwu. (rilis)