PALOPO- Datu Luwu La Maradang Mackulau Opu To Bau memperkenalkan filosofi payung kepada pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar saat diterima secara adat di Langkana’e Kedatuan Luwu, Jumat (11/5/2018).

Kehadiran pasangan yang dikenal komitmen, tegas dan merakyat itu, dalam rangka meminta doa dan restu Yang Mulia Datu Luwu beserta seluruh masyarakat Luwu untuk mewakafkan diri membangun Sulsel.

Di depan IYL dan Cakka, Datu Luwu memberi pesan sarat makna, tentang payung. Menurutnya seorang pemimpin harus memaknai filosofi payung.

“Seorang pemimpin dititipkan payung, payung-payung yang harus dipegang dan dijaga dengan baik. Payung ini bukan payung yang kasat mata, tapi payung yang ada dihati seorang pemimpin,” kata Datu Luwu La Maradang Mackulau Opu To Bau.

Menurutnya, makna payung itu adalah seorang pemimpin diberikan amanah untuk mampu mengayomi dan mensejahterakan masyarakatnya dengan baik. Bukan malah mementingkan kepentingan pribadinya sehingga lupa dengan masyarakat yang telah menitipkan amanah yang besar.

(BACA JUGA): Judas Amir: Video Debat Disebar Tak Utuh ‘Dipenggal’ untuk Menghasut, Polisi Silakan Usut Pelakunya

“Pemimpin tidak boleh dipayungi, tapi pemimpinlah yang memayungi rakyatnya. Bagaimana memberikan pelayanan dan kesejahteraan yang maksimal dan baik bagi masyarakat,” terangnya.

Ia sendiri mewakili seluruh masyarakat Luwu menaruh harapan besar bagi pasangan ini, karena seorang pemimpin harus mampu menjaga seluruh keseimbangan yang ada.

“Pak Ichsan dan Pak Andi Mudzakkar jika telah ditakdirkan untuk menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, maka saya titipkan Tanah Luwu, mudah-mudahan ini adalah tanda bahwa kami di tanah kedatuan Luwu mendoakan dan berharap banyak agar menjadi pemimpin Sulsel yang amanah,” tandasnya.

Sekadar diketahui, memulai rangkaian aktivitas dan kampanyenya di Palopo, IYL dan Cakka bersilaturahmi dengan Datu Luwu.

IYL-Cakka dan rombongan disambut dengan tarian dan penyambutan adat Luwu. Sesampai di Istana, Ichsan YL dan rombongan diterima langsung oleh Datu ke-40 Luwu, La Maradang Mackulau Opu To Bau.

“Selamat datang Pak Ichsan dan ibu, beserta rombongan,” kata Opu La Maradang Mackulau menyambut Ichsan dan rombongan.

Diketahui, Datu Luwu La Maradang Mackulau memang secara pribadi sejak lama mengikrarkan dukungannya kepada pasangan yang menggunakan tagline ‘Bersama Membangun Sulsel’ ini. Beberapa kali, Opu La Maradang Mackulau memperlihatkan kekompakannya dengan IYL-Cakka.(adn)