LUWU – Selain punya layanan kartu nelayan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Luwu juga menampilkan berbagai olahan hasil laut yang dikembangkan masyarakat.

Berbagai hasil olahan tersebut menjadi program pengembangan Dinas yang dipimpinan oleh H. Andi Fatahillah tersebut dimana berbagai hasil olahan laut seperti olahan dodol rumput laut, kaptus rumput laut, stik rumput laut, jus rumput laut, bronis rumput laut dan permen rumput laut aroma katonik.

Selain itu adapula olahan berupa abon ikan, Asap Udang, Ikan Teri, Kanasa serta Bandeng Presto.

Semua itu ditampilkan saat melakukan promosi produk olahan di beberapa pasar seperti di pasar rakyat Bua Desa Puti, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu. Selasa (15/5).

Menurut Yohana Rura selaku Kepala seksi kemitraan Dinas Kelautan dan Perikanan Luwu, kegiatan promosi ini dilakukan sebagai wujud untuk membantu pengembangan usaha masyarakat.

Dirinya juga menyampaikan promosi ini dilaksanakan agar Pengunjung dapat mencoba dan mengetahui vita rasa dari olahan produk tersebut dan dalam promosi ini para pengunjung dapat mencoba secara gratis.

Tak hanya itu kata Yohana, beberapa olahan tersebut contohnya abon ikan kini sudah banyak yang melakukan pemesanan terutama untuk masyarakat yang ingin menunaikan jamaah haji.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Luwu, H. Andi Fatahilla, hasil usaha masyarakat harus senantiasa didukung oleh dinas pemerintah. Meskipun hanya sebatas promosi, tetapi itu dapat sangat bermanfaat bagi mereka.

“Kita promosikan hasil olahan laut dari masyarakat, diantaranya ada abon ikan, kripik ikan dan jenis cemilan lain,” jelasnya.

Masyarakat, kata Fatahilla, harus mengetahui bahwa olahan ikan sangatlah bernilai gizi. Untuk itu, usaha masyarakat seperti ini sangat tepat dalam rangka menyediakan makanan ataupun cemilan yang bagus dikonsumsi.

“Ikan itu punya banyak gizi dan protein. Olahan seperti sangat baik dikonsumsi masyarakat, harapnya. (eca/liq)