Andi Hatta Marakarma
Andi Hatta Marakarma

LAPORAN: Jumadi, Malili

KORAN SeruYA– Meski Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sulawesi Selatan masih cukup lama, yakni tahun 2018 mendatang namun sejumlah figur mulai mengemuka atau diwacanakan untuk maju dalam pesta hajatan demokrasi lima tahunan tersebut.

Seperti Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang (AN), diwacanakan akan berduet dengan mantan Bupati Luwu Timur Andi Hatta Marakarma.

Wacana majunya Agus AN berduet Andi Hatta telah santer dibicarakan oleh sejumlah kalangan, baik dari politisi maupun pengusaha. Bahkan, nama Andi Hatta Marakarma disebut–sebut layak berpaket dengan pendamping SYL dua periode itu.

Wacana berpaket antara Agus AN dan Andi Hatta, ditanggapi santai oleh Opu, sapaan akrab Andi Hatta Marakarma. Dia menilai kalau takdir seseorang tidak ada yang dapat mengetahui, karena itu merupakan rahasia sang Khalik.

Menurutnya, wacana paket Agus dengan dirinya, saat ini tengah berkembang di tengah masyarakat di Sulawesi Selatan, khususnya di Luwu Raya, adalah hal yang wajar–wajar saja. Soalnya, dalam dunia politik, itu bisa saja terjadi, dan bisa juga tidak.

Untuk itu, kata Opu Hatta, biarkan semua ini berjalan seperti air yang mengalir dan menemukan dimana ia akan menumpuk antara satu sama lain. “Informasi dari mana lagi itu Dinda, saya santai saja dan biarkan semuanya mengalir seperti air,” ungkap Hatta sambil tersenyum.

Untuk diketahui, Andi Hatta Marakarma dikenal sebagai sosok yang memiliki sikap tegas dalam memimpin. Tidak heran, Luwu Timur sebagai kabupaten baru mampu ia sulap menjadi daerah yang lebih maju dari beberapa daerah lainnya di Sulawesi Selatan, bahkan di Indonesia.

Saat menjabat bupati dua periode di Luwu Timur, program menata pembangunan dari desa mengepung kota telah berhasil ia realisasikan dengan berbagai tantangan, sehingga dirinya dinobatkan sebagai bapak pembangunan oleh masyarakat Luwu Timur.

Bahkan, SYL juga pernah menilai Andi Hatta Marakarma sebagai aset Sulawesi Selatan saat acara serah terima jabatan dari Andi Hatta kepada penjabat Bupati Luwu Timur, Irman Yasin Limpo. Selain itu, Andi Hatta juga dinobatkan salah satu tokoh terbaik versi majalah Tempo 2008 lalu. Kala itu, Presiden RI, Jokowi sebagai Wali Kota Solo juga ikut dalam 10 tokoh tersebut. (Adi)