LUTRA – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Luwu Utara mengimbau Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk menanam sayuran di pekarangan rumah dan kebun induk masing-masing KWT. Pertemuan dengan KWT dalam rangka Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) TA 2018. Di mana empat KWT menerima manfaat dari program tersebut.

“Sayur adalah kebutuhan dan sumber vitamin. Tanpa sayur, tidak lengkap makanan pokok kita. Untuk itu, saya minta kepada kita semua untuk menanam sayur di pekarangan rumah. Bukan hanya sayur, tetapi juga buah-buahan,” ujar Kepala DKP Armiady di hadapan pengurus KWT, Senin (12/3), di Ruang Rapat Kantor DKP.

Armiady juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya secara konseptual.

“Ajak juga masyarakat lainnya untuk melakukan hal yang sama. Semua ini bukan untuk siapa-siapa, tetapi semuanya demi pemenuhan gizi keluarga, karena apa yang akan kita tanam nanti tentunya terjamin kesehatannya,” ucapnya.

Ia menambahkan, program KRPL adalah program pemerintah yang tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan serta gizi keluarga/masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara konseptual.

“Pekarangan rumah kita tanami sayur-sayuran dengan menggunakan media tanam dari bahan habis pakai rumah tangga,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Komsumsi DKP, Aisyah, berharap agar seluruh KWT penerima manfaat program KRPL untuk senantiasa bekerja di lapangan berdasarkan kesepakatan yang ada.

“Semoga kita bekerja sesuai dengan apa yang kita sepakati bersama di sini. Insya Allah, nanti ada PPL Pendamping yang akan membantu dan mendampingi ibu-ibu,” ujar Aisyah. (har/liq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − three =