Dosen ilmu gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Dr. A. Nurlinda, SKM., M.Kes
Dosen ilmu gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Dr. A. Nurlinda, SKM., M.Kes

KORANSERUYA.COM–Dosen ilmu gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (FKM UMI), Dr. A. Nurlinda, SKM., M.Kes, gemar melakukan penelitian. Salah satu penelitiannya mengenai penyakit anemia pada ibu hamil.

Rupanya, dosen berparas cantik ini bersama timnya mengaku telah melakukan penelitian terkait penyakit ini serta alternatif penanggulangannya.

Kata dia, suplemen penambah darah yang dibagikan pemerintah secara cuma-cuma kebanyakan hanya mengandung zat besi, sehingga perlu ditambahkan nutrisi lainnya.

“Sudah saatnya pemerintah mengganti kapsul zat besi (Fe) dengan alternatif lain yang kandungannya lebih komplit dan rasanya enak sehingga ibu-ibu tidak akan menolak jika diberikan,” ujarnya, dalam rilis diterima KORAN SeruYA dari FKM UMI, Senin (27/11/2017).

Untuk itu, ia bersama timnya mencipatkan produk biskut dengan nama Bisidat sebagai alternatif penanggulangan anemia berbahan dasar ikan sidat dan ubi ungu.

“Dalam penelitian yang saya dan tim lakukan, mengonsumsi Bisidat selama 30 hari akan meningkatkan kadar Hb ibu hamil,” jelasnya.

“Biskuitnya mengandung zat besi, mineral dan vitamin sehingga ibu hamil jika makan kue tersebut tidak mengalami anemia,” tambahnya.

Dr. Nurlinda menyampaikan,hasil temuannya akan diproduksi dalam waktu dekat. “Penelitiannya baru selesai tahun lalu, Insya Allah kita pasarkan awal tahun 2018,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 2 =