BELOPA — Pemilihan legislatif 2019 mendatang, menampilkan putra-putri daerah untuk bersaing di kancah politik. Salah satunya adalah putra Bastem, Ridwan Bakokang yang ikut dalam perhelatan politik lima tahunan ini. Ridwan nomor urut 2 dari PDIP akan bertarung di Dapil 1 Luwu meliputi Kecamatan Belopa, Belopa Utara, Kamanre, Bajo, Bajo Barat, Latimojong, Bastem, dan Bastem Utara.

Lahir di Angkona, 9 Agustus 1989, Rido sapaan akrabnya, memiliki pengalaman organisasi yang lumayan banyak. Ia termasuk dalam pengurus BEM UNCP 2010, Ketua Komisariat LMND UNCP 2011, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Bastem 2011, Pengurus HMI Cabang Palopo 2012, dan Ketua Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP) 2013. Tak hanya itu, Rido kini bergelar Master dan menjadi Dosen di Stikes Mega Buana dan Universitas Andi Djemma Palopo.

Dia maju ke parlemen untuk memperjuangkan hak dan aspirasi masyarakat serta mengembalikan fungsi legislatif sebagai perpanjangan tangan rakyat. “Saya maju dengan visi dan misi, memperjuangkan hak dan aspirasi masyarakat yang selama ini hampir dilupakan oleh anggota legislatif serta mengembalikan fungsi legislatif sebagai perpanjangan tangan rakyat”, ujar Ridwan Bakokang, Rabu (31/10/2018).

Harapanya saat terpilih nanti, ia bisa menjalankan amanat sesuai harapan masyarakat. “Harapan saya kalau diberi kepercayaan, Insyaallah betul-betul menjalankan amanat sesuai harapan masyarakat”, katanya. Pengalaman lain yang dimiliki Ridwan antara lain, Staff Panwaslu Kota Palopo, Tim Pemantau ICW, Tim Pemantau Independent Pemilu, serta Koordinator Penelitian dan Survey SRC Palopo. (ama)