luis enrique, barcelona, kandidat pelatih barcelona
Luis Enrique (Barcelona)

KORANSERUYA.com–Luis Enrique secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya dari kursi kepelatihan Barcelona usai menang besar 6-1 atas Sporting Gijon di Camp Nou, Kamis (2/3) dini hari.

Kabar itu jelas membuat banyak pihak terkejut lantaran tak ada satupun pemain Barcelona yang mengetahui hal tersebut. Namun, pelatih asal kota Asturia itu ternyata sudah menyampaikan hal itu kepada pihak manajemen.

Meski begitu, manajemen Barca sepertinya tak panik dengan menyebut sudah memiliki calon pelatih yang diklaim lebih baik dari Enrique.

Rencananya, kepastian nama pengganti Enrique itu akan diumumkan pada Juli mendatang. Saat ini yang menjadi fokus adalah mengejar trofi lebih dulu.

Spekulasi pengganti Enrique pun kembali menguat. Setidaknya ada lima pelatih yang dinilai memiliki kapabiltas tak kalah dibanding Luis Enrique. Berikut lima kandidat pelatih penggantinya:

1. Jorge Sampaoli

Jorge Sampaoli sampai sejauh ini cukup mengejutkan dengan membawa Sevilla bertahan di posisi tiga klasemen sementara La Liga Spanyol. Ia juga menjadi aktor kekalahan pertama Real Madrid setelah 40 laga tak terkalahkan.

Jorge Sampoli

Sebagai pelatih, ia juga pernah mempersembahkan Copa America dengan untuk timnas Chile sebelum bergabung Sevilla. Namun, Sevilla juga dikabarkan enggan melepas Sampaoli. Di sisi lain, ia pun mengungkapkan tak menutup kemungkinan melatih Barcelona suatu saat nanti jika memang dipercaya.

2. Ernesto Valverde

Manajer Athletic Bilbao ini mampu menciptakan permainan sepakbola atraktif dan dinilai memilki kemiripan dengan gaya kepelatihan Luis Enirque. Ia juga menjadi salah satu pelatih yang cukup dihormati di La Liga Spanyol.

Ernesto Valverde.

Sebagai pelatih, ia pernah mempersembahkan trofi Liga Super tiga kali beruturut-turut dan dua kali Piala Yunani.

Sebagai pemain, ia juga pernah memperkuat Barcelona pada periode 1988-1990 dengan 22 penampilan dan delapan gol.

3. Ronald Koeman

Ronald Koeman dinilai cukup gemilang saat masih bermain untuk Barcelona dengan torehan empat trofi La Liga. Ditambah, torehan 88 gol dari 264 penampilan sudah menunjukkan jelas kualitasnya.

Ronald Koeman.

Sebagai pelatih, ia cukup sukses saat melatih tim di negeri asalnya, Belanda dengan tiga kali memenangkan trofi Eredivisi. Namun, ia belum bisa cukup bersinar sebagai pelatih kala ia membesut tim di luar Belanda.

4. Oscar Garcia

Oscar Garcia memulai karir kepelatihannya sebagai pelatih skuad muda Barcelona, ​​sebelum pindah israel membesut Maccabi Tel-Aviv, Brighton and Hove Albion, Watford sebelum pindah ke klubnya saat ini Red Bull Salzburg, di mana ia telah berada di sana selama dua tahun terakhir.

Oscar Garcia.

Sosoknya dianggap sangat pas mengingat ia pernah pernah berseragam Barca saat masih berstatus sebagai pemain dan melesakkan 21 gol dalam 69 penampilannya. Ditambah, kecenderungan Barca lebih memilih pelatih yang tahu karakter klub.

5. Laurent Blanc

Manajer Perancis itu saat ini masih menganggur setelah meninggalkan PSG pada Juni 2016 lalu. Bersama PSG, ia mempersembahkan tiga gelar liga berturut-turut dan delapan gelar piala domestik.

Laurent Blanc.

Sebelum PSG, Blanc adalah manajer Bordeaux selama tiga tahun dan memenangkan trofi liga serta daouble winner pada tahun 2009. Blanc sendiri pernah menjadi pemain Barcelona dengan 28 penampilan serta sumbangan trofi Copa Del Rey.

(kin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 − 1 =