Direktur RSUD Sawerigading, dr Nasaruddin Nawir, Sp Og

PALOPO — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sawerigading sudah memiliki bangunan Unit Transfusi Darah (UTD). UTD adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pendonor darah, penyediaan darah, dan pendistribusian darah.

Kehadiran UTD ini nantinya diharapkan akan meningkatkan pelayanan kesehatan pemerintah Kota Palopo kepada masyarakat. Meski gedungnya baru saja diselesaikan belum lama ini, namun penggunaannya ditarget pertengahan tahun 2019 mendatang.

BACA JUGA :Tim KARS Lakukan Survei Final Akreditasi di RS Bintang Laut Palopo

“Bangunan UTD sudah selesai. Kita target pertengahan 2019 mendatang baru difungsikan,” kata Direktur RSUD Sawerigading, dr Nasaruddin Nawir, Kamis (6/12/18).

dr Nasar menjelaskan, pengoperasian di tahun 2019 dilakukan karena saat ini masih ada alat yang dibutuhkan untuk melengkapi gedung UTD.

BACA JUGA :VIDEO : Intip Gaya Wawali Palopo Main Film

“Saat ini kami sementara menunggu alat sentrifuge untuk penapisan darah. Termasuk kita juga mau siapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dengan mengirim tenaga untuk mengikuti pelatihan terlebih dahulu,” jelas dokter spesialis obgyn itu.

BACA JUGA :Tinggal Berkarat, Banggar Sarankan Mesin Zaro Snack dan Boka Dipinjamkan

Jika sudah dioperasikan, UTD RSUD Sawerigading nantinya sudah bisa melayani donor darah seperti di PMI, setiap saat bisa dilakukan dalam jumlah banyak juga bisa. Tidak hanya itu, UTD RSUD Sawerigading akan menjadi layanan pertama di Luwu Raya yang dilengkapi dengan alat donor apheresis.

“Selama ini sejumlah kejadian yang membutuhkan darah sukarelawan melakukan donor darah lengkap, padahal dalam darah ada beberapa macam sel. Donor apheresis berfungsi untuk melakukan donor sesuai kebutuhan,” jelas dr Nasaruddin belum lama ini. (asm)