PALOPO – 280 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Palopo saat ini tengah menghadap ujian akhir semester. Ujian tersebut berlangsung selama delapan hari.

“Ujian ini dimulai Rabu kemarin, dan berakhir 13 Desember 2018 mendatang,” beber salah satu guru SMPN 1 Palopo, Ansar saat ditemui Koran SeruYA, Kamis (6/12).

Salah satu sekolah favorit di Kota Palopo itu menggunakan sistem online dan manual dalam pelaksanaan ujian. Untuk siswa kelas IX, melakukan ujian berbasis online.

“Sekaligus membiasakan siswa menghadapi ujian berbasis online, sehingga mereka tidak kaget dalam menghadapi UNBK nantinya. Untuk kelas VII dan VIII masih ujian secara manual dengan menggunakan pensil dan kertas,” ujarnya.

Ujian tersebut dibagi menjadi tiga sesi dan menempati tiga ruangan. “Sesi pertama masuk pukul 08.00-10.00 Wita, sesi kedua pukul 10.00-12.00 Wita, sesi ketiga pukul 14.00-16.00 Wita,” ujarnya.

Siswa yang ujian berbasis online tidak hanya menggunakan laptop. Ada sebagian siswa yang menggunakan smartphone mereka. “Keterbatasan komputer/laptop kami menjadi penyebab siswa terpaksa menggunakan HP andoid dan laptop pribadi mereka,” ujarnya.

Kendati demikian, dia optimis anak didiknya dapat menyelesaikan ujian dengan baik. “Semoga tahun depan kebutuhan teknologi, sarana, dan prasarana di seluruh sekolah dapat ditingkatkan,” harapnya. (wah/liq)