berita palopo, smpn 5 palopo, skrining tajam penglihatan
Pelatihan skrining tajam penglihatan yang dilaksanakan Helen Keller Internasional (HKI) pada Jumat (27/7) lalu di aula Dinas Pendidikan Palopo.
Topik Populer
#Gempa Palu

KORANSERUYA.COM–Empat guru SMPN 5 Palopo mengikuti pelatihan skrining tajam penglihatan yang dilaksanakan Helen Keller Internasional (HKI) dan Puskesmas se-kota Palopo pada Jumat (27/7) lalu di aula Dinas Pendidikan Palopo.

Pelatihan skrining nantinya akan diterapkan kepada siswa-siswa SMP untuk mencegah dan mendeteksi para siswa tingkat SMP sederajat dari masalah penglihatan. Seperti kebutaan, mata minus dan lainnya.

BACA JUGA: SMAN 2 Palopo Aktifkan Kembali Lomba Kebersihan

Dalam pelatihan skrining diikuti guru-guru SMP sederajat lainnya se kota Palopo. Adapun pemateri di pelatihan skrining tersebut yakni tim dari Puskesmas Bara yang sudah terlatih.

Salah satu guru SMPN 5 Palopo yang mengikuti pelatihan skrining tajam penglihatan, Widarti mengatakan dalam pelatihan tersebut para peserta diberikan materi tentang pengertian skrining penglihatan tajam, jenis kebutaaan, masalah refraksi, tahapan melakukan skrining dan simulasi pemeriksaan.

BACA JUGA: Ome dan Basiruddin Dipastikan Gugur Pencalonan di Partai Demokrat Palopo

“Kami diberikan banyak materi pemeriksaan kesehatan mata yang nantinya akan kami terapkan pada siswa kami untuk dilakukan pemeriksaan,” kata Widarti yang juga guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan pembina UKS di SMPN 5 Palopo kepada KORAN SeruYA, baru-baru ini.

Sementara itu dalam pelatihan skrining itu Widarti bersama para guru lainnya dilatih untuk menggunakan alat-alat pendeteksi ketajaman mata seperti snellen chart (huruf dan angka untuk mendeteksi ketajaman mata), senter dan meteran.

Skrining Tajam Penglihatan.

Alat-alat pendeteksi ketajaman mata ini akan diberikan kepada para guru peserta secara gratis oleh HKI. Nantinya alat tersebut kira akan diambil oleh para guru di ruang Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Palopo untuk digunakan di sekolah masing-masing.

Menurut Widarti pada Agustus nanti akan dilakukan skrining tajam penglihatan di SMPN 5 Palopo kepada para siswa kelas 7 yang didampingi oleh tim dari puskesmas perumnas. Skrining tajam penglihatan ini juga akan dilakukan di SMP lainnya yang telah mengikuti pelatihan skrining dengan didampingi tim dari puskesmas setempat. (jun/kin)