PSM 'menghukum' Persipura di stadion Andi Mattalatta, Minggu (4/11/18) dengan skor 4-2.

MAKASSAR — PSM Makassar tampil beringas di kandangnya saat menjamu Persipura Jayapura dalam lanjutan Liga 1 Gojek Traveloka, Minggu (4/11/18).

PSM berhasil mengamankan 3 poin yang cukup penting untuk menjaga asa menjuarai kasta tertinggi liga Indonesia itu. Skor berakhir 4-2.

Jalannya pertandingan cukup menegangkan. PSM membuka keunggulan di babak pertama melalui Wiljan Pluim di menit ke-12 dan disamakan oleh Boaz di menit 26. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Di babak kedua, PSM dikejutkan dengan gol kedua Boaz Solossa. Boaz lolos dari penjagaan pemain belakang PSM melalui serangan balik.

Tendangan Boaz di menit 58 itu sempat dihalau oleh Reva, namun bola mengarah ke gawang PSM yang ditinggal Rivki Mokodompit.

Tertinggal 2-1, pelatih PSM Rene Robert Alberts mulai merotasi pemain. Sejumlah pemain dimasukkan. Mulai dari Sandro, Asnawi hingga Ferdinand Sinaga.

Hasilnya langsung terlihat. Lini serang PSM semakin hidup dan bervariasi meski sempat beberapa kali digagalkan kiper Persipura.

Barulah di menit 80, M Rahmat mampu memecah kebuntuan melalui tandukannya. Menerima umpan silang dari Reva, M Rahmat yang tanpa pengawalan langsung menceploskan bola ke sudut kiri gawang Persipura.

Gol M Rahmat membuat seisi stadion bergemuruh. Dua menit kemudian, giliran The Dragon, julukan Ferdinand Sinaga menggetarkan jala Persipura. Melalui tendangan sudut oleh M Rahmat menuju Abdul Rahman di mulut gawang kemudian disundul ke arah Ferdinand. Sekali sundul, Ferdinand mampu mengecoh kiper persipura. Skor 3-2 untuk PSM.

Unggul satu gol membuat semangat PSM makin beringas. Satu menit waktu normal habis, giliran Sandro yang menghukum Persipura melalui kemelut di depan gawang Persipura. Skor ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Hasil ini membuat laskar ayam jantan dari timur ini semakin kokoh di puncak klasemen dengan 50 poin. Unggul satu poin dari Persib di urutan kedua klasemen sementara.

PSM sendiri masih memiliki empat laga sisa yang cukup berat untuk meraih gelar juara musim ini. PSM akan bertandang ke markas Persebaya, menjamu Persija, Bali United hingga Bhayangkara United dan PSMS. (asm)