Manajer Manchester City, Pep Guardiola
Manajer Manchester City, Pep Guardiola

KORAN SeruYA–Gelandang Barcelona Andres Iniesta tak meragukan kemampuan Pep Guardiola untuk beradaptasi menghadapi ketatnya persaingan Liga Primer Inggris bersama Manchester City.

City di bawah kendali Guardiola melesat ke puncak klasemen setelah melahap seluruh kemenangan dari tiga laga Liga Primer. Ini menjadi tren positif bagi manajer debutan Liga Inggris seperti Guardiola.

Setelah sukses menangani Barcelona medio 2008-2012, Guardiola juga tak kesulitan kala memimpin Bayern Munich selama tiga musim. Itu dibuktikan dengan mempersembahkan tiga gelar Bundesliga bagi Die Roten.

Iniesta yang sempat bermain di bawah asuhan Guardiola di Barca pada tahun 2008-12, kini memberikan dukungan penuh kepada mantan pelatihnya tersebut.

“Pep tahu bagaimana cara beradaptasi dan saya yakin ia akan melakukannya dengan baik di Inggris. Ia juga punya staf seperti Mikel Arteta, yang akan membantu proses tersebut karena memahami Liga Inggris,” kata Iniesta seperti dikutip dari Guardian.

Arteta sempat membela Everton selama enam tahun sebelum menghabiskan lima tahun terakhir kariernya sebagai pemain profesional bersama Arsenal. Kini, pria 34 tahun tersebut menjabat asisten pelatih Guardiola di ManCity.

Selain merekrut Arteta sebagai asisten, Guardiola juga mendatangkan Nolito, pemain tim nasional Spanyol yang sedang meroket. Nolito melengkapi deretan pemain Matador yang lebih dulu berlabuh di Stadion Etihad, yaitu David Silva dan Jesus Navas.

“City telah mendatangkan pemain bagus dan telah membentuk skuat yang amat kompetitif, ujar Iniesta yang memuji penampilan apik Nolito bersama ManCity.

Iniesta juga mengaku mengagumi David Silva, kompatriotnya di tim nasional Spanyol. Yang pasti, kehadiran Guardiola diyakini bisa membantu para pemain untuk berkembang lebih baik di masa mendatang.

“Para pemain belajar setiap hari dari pengalaman, rekan setim, dan manajer. Saya juga banyak belajar dari Pep, ia membantu saya berkembang dan ia akan melakukan hal yang sama di City,” ujar Iniesta. (*/wandy)