Terobosan baru dilakukan RS Mega Buana Palopo bagi pasien bersalin. Bayi yang lahir di rumah sakit ini akan langsung mendapat akta kelahiran.
Terobosan baru dilakukan RS Mega Buana Palopo bagi pasien bersalin. Bayi yang lahir di rumah sakit ini akan langsung mendapat akta kelahiran.
Topik Populer
#Gempa Palu

KORANSERUYA.COm–Terobosan baru dilakukan RS Mega Buana Palopo bagi pasien bersalin. Bayi yang lahir di rumah sakit ini akan langsung mendapat akta kelahiran.

Program ini merupakan hasil kerjasama RS Mega Buana dan Pemkot Palopo dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk membantu pasien dalam pengurusan akta kelahiran bayinya.

Menurut Manajer Keperawatan RS Mega Buana, Asriadi program ini untuk memanjakan pasien dan keluarga pasien. Bagi pasien usai melahirkan si buah hatinya, mereka tak pusing lagi ke Kantor Kelurahan hingga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mengurus akta kelahiran.

“Kami yang membantu menguruskan akta kelahiran bayinya,” tutur Asriadi.




Ditambahkan Asriadi, program ini dihadirkan karena selama ini kerap orang tua bayi yang baru lahir sibuk mengurus akta kelahiran, bahkan ada yang lalai. Sehingga anaknya sudah besar namun akta kelahirannya belum ada.

“Program ini dicanangkan untuk memudahkan masyarakat, (keluarga pasien pasca melahirkan) dalam proses pengurusan akta lahir dan kartu keluarga yang baru. Kami sudah siapkan.Jadi pasien pulang ke rumah bersama bayinya, sudah memiliki akta kelahiran,” kata Asriadi.

Ia berharap dengan pelayanan yang diberikan ini, bisa dirasakan manfaatnya oleh warga Kota Palopo, khususnya pasien bersalin di RS Mega Buana.

Adapun soal biaya, khusus untuk pengurusan akta kelahiran itu, lanjut Asriadi tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi pasien hanya membayar biaya persalinan dan perawatan selama berada di RS Mega Buana. Pihaknya juga melayani asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan dan lainnya.

Tidak hanya saat berada di RS saja, manajemen RS Mega Buana juga masih memberikan pelayanan kesehatan ketika pasien sudah berada di rumah. Mereka menamakan layanan tersebut sebagai ‘Home Care’ khususnya bagi pasien pasca melahirkan.

“Home Care atau kunjungan rumah pasca melahirkan. Adapun beberapa hal yang dilakukan yaitu perawatan luka post SC, perawatan tali pusat, dan perawatan payudara. Kegiatan ini dilaksanakan sekali sebulan kepada ibu pos partum. Kegiatan dilakukan karena kami peduli dan kami cepat,” tandas Asriadi. (asm)