MAKASSAR — Bakal cawagub Sulsel, Aziz Qahhar Mudzakkar, punya kenangan dengan ballo’ di Kabupaten Jeneponto. Kala itu, 2013, Aziz berkunjung ke rumah Anggota DPR RI dari Fraksi Hanura, Mukhtar Tompo. Waktu itu, Mukhtar masih berstatus anggota DPRD Sulsel.

“Tahun 2013, Ustaz Aziz pernah ke rumah saya di Jeneponto dan minum ballo’ sama-sama,” kenang Mukhtar Tompo dalam keterangan tertulis yang dikirim Tim Media NH-Aziz, Rabu (22/12/2017).

Tak hanya menikmati manisnya ballo’, Aziz juga menitip pesan dan mengapresiasi petani setempat. Ballo yang dikonsumsi Aziz adalah tuak manis.

“Beliau juga memberi nasihat kepada segenap petani ballo’ dan mengapresiasi Lontaran Sakti sebagai wadah pembinaan ekonomi kerakyatan dan juga menginspirasi dalam pembinaan ummat,” lanjut Mukhtar.

Tentu saja, ballo’ yang diminum Aziz kala itu adalah ballo’ manis, yang dijadikan bahan baku pembuatan gula merah.

Sejak itu pula, Aziz tertarik mengoptimalkan ballo’ atau nira pohon lontar dan pohon aren.

Di Sulsel, bahan baku gula merah tersebar merata di setiap daerah, dari Toraja hingga Kabupaten Jeneponto.

Jeneponto boleh dikata gudangnya ballo’. Daripada ballo’ disalahgunakan untuk menjadi minuman beralkohol, Aziz mengajak masyarakat mengoptimalkannya menjadi bermanfaat, seperti mengolahnya menjadi gula merah, yang selanjutnya bisa dipasarkan sebagai penyokong ekonomi rumah tangga. (rilis)