Wings Air
Wings Air

KORAN SeruYA–Maskapai penerbangan Wings Abadi Airlines (Wings Air) berencana akan membuka rute penerbangan Bua, Bandara I Lagaligo Bua, dengan Makassar, tanggal 30 Oktober mendatang. Rute penerbangan domestik ini akan membuka sekat transportasi yang selama ini menjadi kendala investasi di Luwu Raya, karena jarak tempuh lewat jalur darat membutuhkan waktu 8 jam.
Bahkan, maskapai penerbangan yang diresmikan pada tahun 2003 dibawah kendalai Lion Air ini siap mendaratkan dua jenis pesawatnya di Bandara I Laga-ligo, Bua, Kabupaten Luwu.

Dua jenis pesawat yang dimaksud adalah ATR 72500, dan ATR 72600. Kabarnya, pihak Wings Air akan mulai melakukan aktifitas penerbangan pada 30 Oktober 2016 mendatang.

Area Manager Lions Group, Rony Paslah didampingi Regional Manager Lion Group, Muhammad Aliwas dan Kepala Bandara Bua, Syarifuddin berharap suport dari kepala daerah yakni Bupati dan Wali Kota Palopo.

Rony mengatakan, pihaknya selama ini memantau perkembangan wilayah Luwu Raya, khususnya Kota Palopo yang menjadi sentral perekonomian di Luwu Raya.

“Pasar di sini (Palopo) cukup bagus dengan total Bus kurang lebih 70 unit. Dari penumpang bus ini, kita bisa maksimalkan penumpang sebanyak 75 persen,” katanya.

Rony menjelaskan, untuk pengurusan penerbangan seperti izin paling tidak selesai dalam kurun waktu sebulan kedepan.

“Kita rencanakan sebulan kedepan sudah ada penerbangan, yang dilakukan saat ini adalah persoalan izin. Target satu bulan kedepan sudah selesai dan dilakukan aktifitas penerbangan,” katanya.

Setelah proses perizinan yang menghabiskan waktu kurang lebih satu bulan, Wings Air akan langsung menyiapkan dua jenis pesawatnya.

“Ada dua jenis pesawat yang kami siapkan, yakni pesawat ATR 72600 dan 72500 dengan kapasitas 72 tempat duduk. Yang kami butuhkan saat ini hanya suport pemerintah, dan mereka sangat merespon. Kita berharap selalu di suport,” sebut Rony.

Selain rute Palopo-Makassar, dikatakan Rony, tidak menutup kemungkinan kedepan pihaknya akan membuka rute lainnya.

“Kita coba dulu Palopo-Makassar. Jika memungkinkan, kedepan kita buka rute Palopo-Ampana, ataupun Palopo-Bali itu boleh saja. Kita lihat perkembangan nantinya,” jelasnya.

Untuk harga tiket, Rony sedikit membocorkan harga tiket Wings Air untuk rute Palopo-Makassar yang berkisar antara Rp250 ribu hingga Rp600 ribu. “Yang termurah Rp250 ribu, termahal Rp600 ribu,” katanya.
(israil/asmar)