LUTIM – Dalam momentum hari jadi Kabupaten Luwu Timur diwarnai aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh mahasiswa di Fly Over, Makassar, Kamis (3/5) pagi. Massa mengatasnamakan Ikatan Pelajar Mahasiswa Luwu Timur (IPMALUTIM) meminta Pemda Lutim mendesak PT. Vale untuk mengutamakan tenaga kerja lokal dalam rekruitmen tenaga kerja dan transparansi CSR.

Ketua Umum IPMALUTIM, Muh. Rezha Dingrah mengatakan tanggal 3 Mei merupakan suatu peringatan yang mewajibkan warga Luwu Timur untuk merefleksi diri.

“Menurut analisa kami masih banyak tindakan yang bertentangan dengan norma hukum, sosial, dan budaya yang terjadi di Luwu Timur,” katanya.

Selain itu, mahasiswa juga menuntut Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Timur untuk mewujudkan pemerataan pembangunan kesejaterahan masyarakat, menuntaskan permasalahan listrik di Kecamatan Towuti terutama di 5 Desa yang ada di pesisir.

Unjuk rasa berjalan dengan damai, setelah massa menyampaikan orasinya di Fly Over, mereka bergeser untuk melakukan aksi di DPRD Provinsi Sulsel. Dalam aksinya setelah orasi penyampaian tuntutan, massa berdiskusi di ruang aspirasi. Beberapa tuntutan yang di ajukan di terima dan akan segera ditindaklanjuti oleh pihak DPRD prov sulawesi selatan. (liq)