Pengurusan E-KTP di Disdukcapil Palopo
Pengurusan E-KTP di Disdukcapil Palopo
Topik Populer
#Gempa Palu

KORANSERUYA.COM – Sebanyak 5.096 warga Kota Palopo yang sudah melakukan perekaman E-KTP, hingga saat ini belum tercetak. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) beralasan hal itu terjadi lantaran jaringan yang kurang baik alias lalod saat akan dicetak.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ishak Idris mengatakan jeleknya jaringan menjadi penyebab utama banyaknya E-KTP tidak dapat dicetak. Akibatnya, warga yang sudah melakukan perekaman tapi belum memiliki E-KTP ini mencapai 5.096 orang.




“Jaringan memang menjadi faktor utama penghambat kami dalam mencetak E-KTP warga,” katanya saat ditemui koranseruya.com di ruang kerjanya, Kamis kemarin. Alasan lainnya lanjut dia, banyak warga yang tidak datang sidik jari saat akan KTP akan dicetak.

“Selain untuk menghemat blangko dan tinta, juga kita berikan dulu E-KTP yang benar-benar membutuhkan. Banyak E-KTP yang sudah dicetak, tapi orangnya tidak datang ambil, sementara banyak orang yang lebih membutuhkan E-KTP untuk mengurus,” ujarnya.

Kabid Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Habiba mengatakan masa berlaku E-KTP bisa dipakai seumur hidup. Sepanjang tidak ada perubahan data penduduk, E-KTP masih bisa digunakan. “Menurut surat edaran dari pusat, E-KTP bisa digunakan seumur hidup, yang penting tidak ada perubahan data, seperti nikah, pindah domisili, dll,” katanya. (liq)