PALOPO – Jelang natal dan tahun baru sejumlah harga kebutuhan pokok di Pusat Niaga Palopo (PNP) merangkak naik. Naiknya harga kebutuhan pokok itu dianggap lazim menjelang hari besar keagamaan.

Asma, salah seorang pedagang di PNP menuturkan, penyebab kenaikan barang dikarenakan permitaan barang yang melonjak. Salah satu barang kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan adalah cabai. Normalnya harga cabai bekisar Rp 20 ribu perkilogram.

“Cabai rawit dulunya Rp 20 ribu perkilogram, sekarang naik menjadi Rp 30 ribu perkilogram. Begitu juga dengan cabai keriting, dulu Rp 20 ribu perkilogram sekarang naik Rp 30 ribu perkilogram,” jelas Asma.

Selain cabai, bawang merah, tomat, labu siam, dan beras juga mengalami kenaikan. “Sekarang bawang merah Rp 35 ribu perkilogram, normalnya Rp 20 perkilogram. Tomat, labu siam, dan beras juga ikut naik,” bebernya.

Namun, tidak semua barang kebutuhan pokok merangkak naik. Masih ada beberapa barang yang masih normal. “Bawang putih masih normal. Harganya Rp 20 ribu perkilogram,” pungkasnya. (liq)