Kasat Intelkam Polres Palopo, Iptu H. Yusuf (kiri) bersama Kapolres Palopo, AKBP Dudung Adijono.
Kasat Intelkam Polres Palopo, Iptu H. Yusuf (kiri) bersama Kapolres Palopo, AKBP Dudung Adijono.

KORAN SeruYA–Foto longsor yang viral di sosial media (Sosmed), terutama di Facebook, berawal dari WA Humas Pemkot Palopo. Foto longsor yang dikabarkan terjadi di Km 36 Batang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo tersebut, beredar luar di Sosmed.

Bahkan, saat KORAN SeruYA mengkonfirmasikan perihal longsor tersebut kepada Kabag Humas Pemkot Palopo, Maksum Runi ikut membenarkan jika terjadi longsor di Km 36 Battang Barat. Maksum bahkan menghimbau agar warga yang akan melintasi poros Palopo-Toraja Utara agar berhati-hati, bahkan disarankan tidak melintas dengan kendaraan roda empat.

Foto tersebut, ternyata hoax. Kasat Intelkam Polres Palopo, Iptu H. Yusuf, menegaskan, pihaknya sudah mengecek ke lokasi di Km 36 Battang Barat, ternyata tidak ada longsor seperti yang ada dalam foto yang viral di Sosial Media. “Tidak ada longsor seperti yang ada dalam foto itu. Kami sudah cek, itu foto longsor di Pulau Jawa. Ini hoax,” kata Iptu Yusuf.

Dia sangat menyesalkan pihak-pihak yang telah menyebar foto hoax tersebut. Bahkan, Iptu Yusuf meminta kepada KORAN SeruYA agar menyebarluaskan kepada publik bahwa tidak terjadi longsor di poros Palopo-Toraja Utara tersebut. “Ini sangat menyesatkan dan bisa membingungkan masyarakat. Mohon disebarluaskan bahwa info longsor itu hoax,” katanya. (ayi)