Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Jepang — Biasanya dalam setiap lawatan ke luar negeri, ada hal positif yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kalau dia seorang pejabat, maka oleh-oleh yang diharap pastinya untuk kepentingan masyarakat itu sendiri. Dan benar saja, lawatan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (NA) bersama tiga Kepala Daerah di Sulawesi Selatan, berbuah manis.

Tiga Kepala Daerah, masing-masing Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Wali Kota Palopo Judas Amir, dan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, mendapat hadiah satu unit mobil pemadam kebakaran dan dua unit mobil ambulans, lengkap dengan fasilitas yang dibuat khusus dari Jepang. NA bersama rombongan saat ini tengah berada di Negeri Sakura, Jepang.

“Di sini kita meninjau mobil bantuan yang akan diberikan kepada Sulsel, berupa mobil ambulans dan mobil pemadam kebakaran,” ungkap NA, Kamis (13/12/2018) malam, seperti dilansir dari laman media daring, sulselekspres.com. Di Negeri Matahari Terbit tersebut, NA juga mengajak tiga kepada daerah ini melihat pengelolaan sampah di ibu kota Jepang, Tokyo.

Tidak hanya melihat pengelolaan sampah, NA dan rombongan juga berkunjung ke lokasi pembuatan mobil Toyota Ehime Jepang, serta mengajak ketiganya melihat pariwisata di Jepang, sekaligus belajar tentang pengelolaan pariwisata. “Kemarin, kami belajar tentang pengelolaan pariwisata Jepang dan juga melihat semacam koperasi yang menjual hasil-hasil pertanian,” pungkasnya. (man)