PALOPO — Kasubdit Metropolitan Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Syahputra, mengapresiasi penataan pedestrian di Kota Palopo.

Makanya, dalam waktu dekat ini Palopo akan didorong menjadi Pelopor Penataan Kota Modern di Sulsel.

” Kami sudah pernah melakukan kunjungan ke Palopo. Penataan kota khususnya pedestrian sangat tertata dengan baik. Kami sangat terkesan,” katanya, Jumat (10/11).

Menurut Syahputra, salah satu kota modern adalah adanya fasilitas khusus bagi warga atau pejalan kaki di ruas-ruas jalan utama.

Sejak beberapa tahun terakhir pesedestrian memang menjadi salah satu fokus pembenahan infrastruktur oleh Pemkot Palopo.

Selain memperindah kota, pedestrian digunakan bagi pejalan kaki serta penyandang disabilitas tunanetra. Untuk penderita tunatera ada jalur khusus di pedestrian yang diberikan tanda.

Pada malam hari, pedestrian juga digunakan oleh oleh kawula muda pekerja seni sebagai tempat kumpul.

Ada beberapa titik yang sudah dibangun pedestrian di kota Palopo antara lain depan rumah jabatan wakil walikota Palopo, depan Lapangan Gaspa, Jl Andi Djemma dan beberapa ruas lainnya.

Bukan hanya pedestrian, Kementrian PU juga menganggap Palopo sebagai kota yang ramah lingkungan dengan hadirnya sejumlah taman yang menjadi public space atau ruang terbuka hijau bagi warganya.

Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Palopo, Hamsyari mengatakan, kehadiran pedestrian tersebut guna memanjakan dan memberi kenyamanan bagi pejalan kaki di kota Palopo.

” Ini merupakan ciri kota modern. Di kota-kota besar pedestrian menjadi salah satu fokus untuk dibangun,” katanya. (adn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 − 3 =