PALOPO – Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Palopo, Basri M memantau siswa yang sedang melangsungkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBN) melalui CCTV yang berada di ruangannya, Selasa (17/4) pagi.

Dihari ke empat itu, pelaksanaan USBN BK SMP Negeri 8 Palopo terlihat aman dan tertib. Para siswa tampak serius menatap layar komputer dan mengerjakan soal ujian. Hal tersebut terlihat dari CCTV yang ada di ruangan Kepala Sekolah.

Basri M mengatakan kecanggihan dan perkembangan teknologi selayaknya dimanfaatkan untuk mengefektifkan kinerja dan tugas sekolah, salah satunya dengan CCTV.

ā€Ini lebih memudahkan dalam memantau sekolah dan para siswa. Termasuk ujian yang saat ini berlangsung. Melalui cctv ini saya bisa mengawasi apa yang terjadi di sekolah meskipun berada diruangan,ā€ katanya.

Lanjut, Basri, ada setidaknya tujuh titik lokasi pantau di sekolah, termasuk lab ujian. Dia mengatakan untuk tahun ini ada 200 lebih siswa yang melaksanakan ujian akhir dengan menggunakan tiga ruangan.

“Para siswa kami melaksanakan ujian secara bergantian. Hal ini untuk menyiasati kekurangan komputer yang tidak seimbang dengan jumlah siswa,” tambah Basri.

Sementara itu, untuk para siswa yang absen selama masa berlangsungnya ujian tersebut akan mengikuti ujian susulan pada Jumat, 20/04/2018 minggu ini. Usai hal tersebut, para siswa akan kembali melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer minggu depan. (apl/liq)