PALOPO–Pemerintah Kota Palopo dalam tiga tahun terakhir ini dinilai berkinerja baik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di era pemerintahan Walikota Palopo, HM Judas Amir. Prestasi tersebut mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan prestasi kinerja status sangat tinggi bintang dua.

Ada tiga daerah di Sulsel yang menerima penghargaan tersebut, salah satunya Kota Palopo. Penghargaan yang diterima langsung para kepala daerah, diberikan dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah ke-22 sebagai tanda kehormatan kepada sejumlah daerah, digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2018) malam lalu.

Pj Wali Kota Palopo, Andi Arwien Azis mengatakan Kota Palopo mendapat penghargaan bersama Kota Madya Makassar dan Kota Madya Pare-pare. Sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24/TK dan Nomor 25/TK Tahun 2018, Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha, serta Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, kepada sejumlah daerah yang memiliki kinerja baik selama tiga tahun berturut-turut.

“Akhirnya Kota Palopo menjadi salah satu yang terpilih menjadi Daerah Berkinerja Sangat Tinggi Bintang Dua,” ujar Andi Arwien saat dihubungi media ini.

Soal penilaian, Andi Arwien, mengatakan ada beberapa hal yang menjadi fokus penilaian seperti fasilitas pelayanan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Nah kebetulan Palopo sangat baik sisi pelayanan. Taman baru direvitalisasi, trotoar baru diperbaiki dan itu jadi nilai tambah,” katanya.

Alumni STPDN Tahun 1999 ini bersyukur Kota Palopo bisa mendapat penghargaan tersebut untuk yang pertama kalinya. Hal ini selain sebuah prestasi juga sebagai batu loncatan meningkatkan kinerja pemerintahan agar lebih baik kedepannya.

Ia berharap penghargaan tersebut bisa menjadi semangat bagi pemerintah untuk terus kompak bersama seluruh unsur hingga masyarakat untuk lebih kerja keras dalam pemerintaham daerah demi kepentingan bersama.

“Kita ke depan harus lebih kompak lagi. Kalau kompak kita bisa mempertahankan Palopo, bahkan daerah berkinerja sangat tinggi samgat tinggi bintang tiga,” harap Andi Arwien. (rls)