Koordinator Earth Hour Palopo, Karlina (paling kiri) bersama rekannya saat berkunjung di Cafe News SeruYA Selasa (14/3) malam.
Koordinator Earth Hour Palopo, Karlina (paling kiri) bersama rekannya saat berkunjung di Cafe News SeruYA Selasa (14/3) malam.

Koranseruya.com — Komunitas Earth Hour(EH) Palopo yang terdiri dari kalangan mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum meminta dukungan warga Kota Palopo untuk mendukung gerakan Earth Hour dengan berpartisipasi memadamkan semua lampu atau barang elektronik menggunakan tenaga listrik yang tidak diperlukan.

Koodinator EH Palopo Karlina, mengatakan dalam kegiatan Earth Hour yang digelar pada Sabtu (25/3) mendatang akan dilakukan pemadaman lampu serentak selama 1 jam yakni pada pukul 20.30-21.30 WITA. Pihak EH Palopo menghimbau kepada masyarakat Palopo untuk mendukung kegiatan tersebut dimana pemadaman lampu tersebut akan serentak dilakukan secara Global di tahun kesembilan gerakan earth hour tersebut dilaksanakan di Indonesia.

“Kami mengajak kepada masyarakat Kota Palopo untuk mendukung gerakan pemadaman lampu dengan mematikan lampu, peralatan elektronik yang tidak sedang dipakai selama 1 jam,” ujarnya .

Hal ini dilakukan sebagai simbol aksi kepedulian dan komitmen untuk penurunan laju perubahan iklim. Selain itu juga akan dilakukan pengumpulan baju reusable back pada hari tersebut. Dimana gerakan pengumpulan baju reusable back ini dilakukan untuk mengurangi konsumsi kantong plastik demi masa depan bumi yang berkelanjutan.

Adapun berberapa kegiatan yang dilakukan sebelum hari EH tersebut yakni EH goes to school dan carfreeday. Sebelumnya pada tanggal 21/2/2017 voluter EH telah melaksanakan hari peduli sampah nasional di pantai Songka. Dan pada tanggal 22/2/2017 juga dilakukan Beda Film di SMAN 3 Palopo bersama Sispala SMAN 3 Palopo yang dibawakan oleh pemateri dari Badan Lingkunga Hidup Kota Palopo. Bagi masyarakat Kota Palopo yang ingin bergabung dengan gerakan EH ini, bisa mendatangi tempat kumpul mereka di jalan Dahlia, Anggrek atau menghubungi di media sosial facebook @EarthHourPalopo. (jun/asm)