Asisten Manajer Penjualan Deputy Area Palopo, Hendra Wartha Betoky
Asisten Manajer Penjualan Deputy Area Palopo, Hendra Wartha Betoky
Topik Populer
#Gempa Palu

PALOPO–PT Pegadaian (Persero) Deputy Area Palopo terus menggencarkan program pembiayaan kendaraan berbasis syariah. Program tersebut merupakan bagian dari produk pembiayaan Amanah, yang mempermudah masyarakat memiliki kendaraan bermotor.

Pegadaian Deputy Area Palopo menargetkan pembiayaan produk Amanah hingga akhir 2018 mencapai Rp12 miliar. Untuk Januari-Maret ini, sudah tersalur sebesar Rp1,1 miliar. Angka Rp1,1 miliar tersebut, untuk pembiayaan ratusan sepeda motor dan 4 unit mobil.

Asisten Manajer Penjualan Deputy Area Palopo, Hendra Wartha Betoky, mengatakan, Pembiayaan Amanah ini dimaksudkan untuk lebih mengenalkan masyarakat terhadap produk pembiayaan kendaraan bermotor berbasis syariah. Masyarakat bisa memiliki kendaraan dengan biaya lebih murah karena berbasis syariah.

“Amanah adalah solusi pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor. Yang dituju pengusaha mikro dan karyawan tetap. Jadi prinsipnya syariah. Untuk memudahkan kepemilikan kendaraan bermotor masyarakat,” kata Hendra kepada KORAN SeruYA di kantornya, Kamis (8/3/2018).

Menurut Hendra, Pembiayaan Amanah ini menjadi salah satu produk andalan pihaknya. Dengan biaya uang muka 10 persen untuk kendaraan roda dua, dan 20 persen untuk kendaraan roda empat, masyarakat bisa mengikuti program Berkah Amanah ini. Prosesnya pun relatif cepat yakni 2-3 hari kendaraan sudah bisa dibawa. Sementara pembiayaan berjangkanya bisa dipilih sesuai kemampuan, yakni 12, 18, 24, 36, 48 hingga 60 bulan.

Selama ini, kata dia, masih banyak masyarakat yang kesulitan memiliki kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat karena keterbatasan pendanaan. Meskipun banyak tawaran kredit dengan uang muka murah, tapi cicilan besar atau lama, sehingga membuat harga kendaraan jatuhnya menjadi tinggi. “Karena itu, Pegadaian hadir dengan skema syariah. Di mana ditekankan prinsip bagi hasil, sehingga pembiayaannya menjadi lebih murah,” ujarnya.

Untuk Kota Palopo, kata Hendra, pihaknya tengah berupaya melakukan komunikasi dan kerjasama dengan semua diler yang ada di Palopo. Dimana untuk diler motor yang telah melakukan penandatangan perjanjian kerjasama (PKS) sampai saat ini dengan PT Pegadaian Deputy Area Palopo, di antaranya
NSS Cabang Palopo, Yamaha Suraco Jaya Abadi Motor Cabang Palopo, Kawasaki Cabang Palopo, dan Diana Motor Cabang Palopo.

Untuk diler mobil yang sudah menandatangani kontrak PKS dengan PT Pegadaian Deputy Area Palopo, yakni Honda Sanggar Laut Motor Cabang Palopo.”Kami berupaya agar semua diler motor dan mobil bisa melakukan PKS dengan kami. Hal ini kami lakukan agar pihak diler bisa terikat kontrak, sehingga pelayanan terhadap nasabah kami bisa lebih diutamakan,” kata Hendra.

Dikatakan, pihaknya memberikan kebebasan kepada calon nasabah produk Pembiayaan Amanah untuk memilih diler mana yang akan mereka dipilih untuk memiliki kendaraan, baik mobil maupun motor. “Walaupun diler yang dipilih belum melakukan kontrak PKS dengan kami, tapi kami akan tetap melayani nasabah. Kami akan menguruskan PKS dengan diler tersebut,” katanya. (jun)