PALOPO – SMP Negeri 8 menggelar Perjusami di halaman sekolah mereka pekan lalu. Perjusami merupakan perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu yang dilaksanakan pada akhir pekan. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asir Manggopo.

Basri, Kepala SMPN 8 Palopo menuturkan perjusami dilaksanakan selama tiga hari oleh peserta pramuka yang terdiri dari seluruh siswa SMPN 8 Palopo. “Mulai dari kelas 7,8 dan 9 mengikuti kegiatan ini. Wajib karena pramuka memang menjadi salah satu penilaian di sekolah,” katanya.

Hal tersebut juga diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo dalam sambutannya. Asir mengatakan bahwa pramuka sudah menjadi program kurikulum 2013 (K13). “Pembina pramuka harus aktif dalam kegiatan keterampilan berkaitan dengan pramuka. Karena pramuka bukan lagi masuk ekstrakurikuler. Tetapi wajib seluruh siswa mengikuti,” ungkapnya saat memberikan sambutan pembukaan perjusami.

Dalam pembukaan perjusami tersebut, Kepala Dinas menyematkan tanda peserta kepada masing-masing perwakilan kelas 7, 8 dan 9. Dirinya mengharapkan agar anggota Pramuka SMPN 8 Palopo dapat mengambil pesan dalam kegiatan tersebut dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana dengan dasa dharma pramuka yang menjadi pijakan dalam kepramukaan.

“Manfaat dari acara ini harus terasa untuk siswa. Karena ini melatih disiplin serta dapat membentuk karakter setiap siswa,” ujarnya. Kegiatan pembukaan tersebut ditutup dengan hiburan parodi kelompok yang ditampilkan siswa SMPN 8 Palopo. (apl/liq)