Topik Populer
#Gempa Palu

PALOPO — Belasan tahun bergelut di dunia profesional sebagai jurnalis di salah satu TV Nasional, Abdullah Jaya Hartawan yang kini tercatat sebagai Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo siap melakukan lompatan besar dengan medan pengabdian yang lebih luas, yakni untuk rakyat dan Negara.

Di lingkungan dunia jurnalistik khususnya di Tana Luwu dan Toraja, nama Jaya Hartawan tidak asing lagi.

Latar belakang sebagai pewarta juga mengantarkan pria kelahiran 1978 yang pernah di Metro TV dan MNC Group ini berinteraksi dengan banyak pihak dari berbagai latar belakang.

“Kekuatan pertemanan dan jaringan yang bertahun-tahun kami bangun selama jadi wartawan, bisa menjadi modal yang cukup untuk memperjuangkan dan bersinergi dalam upaya mengawal demokrasi agar lebih baik. Tentunya dengan selalu bekerja berdasarkan amanah UU yang ada dan pilihannya adalah tugas serta tanggungjawab,” terang Jaya kepada Koranseruya.com, Rabu (3/10/18).

Jaya Hartawan yang dipercaya menangani Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) ini semasa kuliah di Makassar tahun 1996 tercatat sebagai aktifis di sejumlah lembaga yakni Ketua MAPERWA STIE AMKOP Makassar, Pengurus HMI Cabang Makassar, IPMIl Raya, KNPI, KAHMI dan IKA Smada Palopo.

Panggilan nurani untuk berbuat bagi orang lain dan memperjuangkan hak rakyat dalam proses demokrasi membuat Jaya meninggalkan statusnya di Transmedia Group dan terjun ke dunia penyelenggara yang otomatis bersentuhan dengan politisi

Hal ini tak sia-sia, setelah melalui proses tahapan seleksi KPU Palopo yang cukup panjang dan melelahkan di Kota Makassar , Jaya Hartawan akhirnya dinyatakan lolos ke lima besar Komisioner KPU Palopo dan dipercaya untuk mengatur jadwal sosialisasi dan strategi kampanye pada Pemilu 2019.

Jaya juga tercatat pernah berkiprah sebagai jurnalis di sejumlah media nasional, seperti Metro TV , MNC Group , Transtv , CNN Indonesia, Detik.com.

Sosok familiar ini juga sempat menjadi pengurus organisasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Selatan dengan jabatan koordinator Wilayah Luwu Raya Toraja.

“Bismillahirrahmanirrahim, saya wakafkan diri saya sebagai anggota KPU Palopo guna menyukseskan Pemilu 2019 mendatang adalah pilihan untuk berbakti lebih luas bagi daerah tercinta Kota Palopo. Ini juga adalah amanah yang wajib dilaksanakan,” pungkas Jaya. (*)

Biodata Diri :

Nama Lengkap : Abdullah Jaya Hartawan , SE
Tempat/Tanggal Lahir : Ujung Pandang , 01 Agustus 1978
Agama : Islam
Pendidikan ; Strata Satu (S1)
Status : Belum Kawin
Alamat : Jalan Nuri 2 No 181 Perumnas Balandai Kota Palopo
No HP : 081342411222 / 08114210345
Nama Ayah : Drs Usman Bas (Alm)
Ibu : St Bunaiyah S
Saudara : 6 (Enam)

Pengalaman Organisasi :
1. Ketua Umun Maperwa STIE Amkop Makassar
2. HMI Cabang Makassar
3 Ipmil Raya
4 KNPI Kota Palopo
5 IKA SMUN 2 Palopo
6.IKA SMPN 2 Palopo
7. MD KAHMI Palopo
8. Aji Makassar
9. IJTI Sulsel