Sosialisasi Pemilu oleh LEKAS Bone

KORANSERUYA.COM–Lembaga Kajian dan Advokasi Lintas Masyarakat (Lekas) Kabupaten Bone bersama KPU Kabuapaten Bone, menggelar sosialisasi Pilkada Serentak di salah satu cafe di kota Watampone, Selasa 14 November 2017.

Kepala Litbang Lekas Kabupaten Bone, Andi Saiful Marfian mengatakan, kegiatan tersebut menyasar pemilih pemula di Bone untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Kabupaten Bone sangat potensial dengan jumlah pemilih cukup besar, namun partisipasi masyarakat kita masih sangat sedikit, makanya kami berinisiatif untuk menjadi bagian dalam membatu KPU Bone menggelar sosialisasi kepada masyarakat,” ujar Saiful.

Ia berharap melalui sosialisasi tersebut, masyarakat semakin sadar dan mau menggunakan haknya sebagai warganegara Indonesia.

Sementara itu, Andi Oktiana, Kepala bidang hubungan antar lembaga Kesbangpol Pemkab Bone yang dihadirkan saat sosialisasi Pilkada serentak di kota Watampone mengatakan, sosialisasi tersebut sangat dibutuhkan.

Andi Oktiana pada kegiatan tersebut membawakan materi dengan tema peran strategis pilkada serentak dalam mesujudkan efektifitas pemerintah daerah pada sosialisasi tersebut.

Sementara ketua Lekas Kabupaten Bone, Anwar Marjan mengatakan asas demokrasi yang diusung pada gelaran Pilkada serentak mendatang merupakan cerminan nilai-nilai luhur kerarifan lokal suku Bugis yang melekat pada model kepimpinan raja-raja Bone pada jaman kerajaan Bone.

“Asas demokrasi kita erat kaitannya dengan kearifan lokal, karena pada Pilkada tersebut, selain memilih calon pemimpin, masyarakat juga berperan dan berkontribusi untuk mengawal jalannya pilkada agar tidak ada kecurangan,” pungkas Anwar Marjan.

Pada Sosialisasi tersebut dihadiri peserta dari kalangan aktivis dan mahasiswa di Kabupaten Bone, Sosialisasi tersebut menyasar peningkatan partisipasi pemilih pemula pada gelaran pilkada serentak 2018 mendatang. (abdulwarishasrat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × four =