Pemain Wanua Bombana membobol gawang Palopo United di babak pertama jelang turun minum. Skor akhir Palopo United menang dengan skor 3-2. Agregat 6-3 untuk Palopo United.
Topik Populer
#Gempa Palu

PALOPO — Lanjutan leg kedua Liga 3 PSSI Zona Sulawesi mempertemukan tuan rumah Palopo United (Sulsel) vs Wanua Bombana (Sultra) di Stadion Lagaligo Palopo, Selasa (9/10/18) sore berlangsung sengit.

Tampil menyerang sejak menit-menit babak pertama dimulai, Palopo United mengunci pergerakan tamunya. Sesekali Wanua Bombana juga tampil lepas dihadapan pendukung Palopo United.

Kurang padunya sektor sayap kanan tim tamu dimanfaatkan dengan baik oleh anak-anak Palopo United. Pada menit ke-5, Chandra, striker andalan Palopo United, berhasil menerobos jantung pertahanan Bombana. Tendangan kerasnya hasil bola muntah dari Raikar menyusur gawang dan merobek jala Amshar Azdani. Skor 1-0 untuk Palopo United.

Ketinggalan 1-0, tempo permainan anak-anak Tenggara di tengah teriknya mentari sore juga semakin meninggi. Hasilnya pada menit ke- 42, usaha Wanua Bombana tak sia-sia. Berkat kejelian pemain depan mereka, pertahanan Palopo United yang longgar berhasil mereka tembus lewat gol Mucharam Al Junaid, skor berubah 1-1 hingga turun minum.

Jalannya pertandingan sangat sengit. Wasit Orlando Arthur Kawoka dari Kepulauan Sangihe yang memimpin pertandingan merogoh dua lembar kartu kuning masing-masing untuk Agus Munawar (25) dan Erwin (38). Sedangkan Palopo United, juga menerima dua kartu kuning yakni Muh Prayoga (19) dan Unggul Prawira (38).

Palopo United (hijau) berusaha mengamankan bola dari para pemain Wanua Bombana.

Memasuki babak kedua, satu serangan balik yang cepat dari Palopo United dari sektor kanan, membuat Raikard Dwi Yulianto berhasil menjebol jala Wonua Bombana di menit ke 60. Penjaga gawang Amshar Azdani, melakukan blunder karena salah menangkap bola dan terlepas sehingga dengan mudah dicocor Raikard.

Enam menit berselang, serangan sporadis anak-anak Palopo United dari sayap kanan kembali berhasil mengoyak kiper Amshar Azdani. Chandra yang berdiri bebas mendapat assist dari Ricky Maenata dibantu Aspullah Jusran berhasil menempatkan bola di sebelah kanan penjaga gawang. Dengan kaki kanannya meliuk dia memperdaya dua pemain belakang di menit ke-66 mengubah skor 3-1 bagi anak-anak Laskar Lagaligo itu.

Di menit ke 90, satu serangan balik nan cepat dari sektor tengah pertahanan Palopo United berhasil membuat Wanua Bombana memperkecil kekalahannya dengan skor 3-2. Gol Kurniawan menjadi gol hiburan bagi tim tamu, sekaligus mengubah agregat gol menjadi 6-3 bagi keunggulan Palopo United. Hasil ini juga membuat Wanua Bombana tersingkir dari kompetisi ini.

Pelatih Palopo United, Parambung Sarapa mengaku cukup puas dengan hasil ini meski anak asuhnya banyak yang cedera. “Kami cukup puas meski kami juga masih perlu melakukan evaluasi lagi, dan pembenahan-pembenahan di semua lini, karena pada partai berikutnya tanggal 18, agak berat, tapi kami optimis insha Allah tetap lolos,” katanya.

Selanjutnya, pada lanjutan Liga 3 Zona Sulawesi diperoleh kabar jika Persibone (Bone) takluk 1-0 dari PS Sulbar. Dengan demikian, Palopo United pada 18 Oktober di Stadion Lagaligo Palopo kembali akan menjamu tamunya PS Sulbar guna memperebutkan tiket ke zona Lanjutan, Liga 3 Nusantara Putaran Final di Pulau Jawa. (adn)