KORAN SeruYA edisi Selasa (8/8)
Topik Populer
#Gempa Palu

KORANSERUYA.COM — Walikota Petahana, HM Judas Amir tengah melakukan survei terhadap sejumlah kandidat yang akan menjadi pendamping pada pilkada 2018 mendatang. Selain nama Rahmat Masri Bandaso, juga ada beberapa nama dari kalangan birokrat.

Figur tersebut adalah Kadis DPPKAD Palopo, Hamzah Jalante, Direktur PDAM Palopo, HM Yasir, Kepala Inspektorat Palopo, dan Marthin Jaya yang kini menjabat sebagai staf ahli walikota Palopo. Kendati dikabarkan HM Judas Amir makin intens dengan RMB, namun peluang empat figur lainnya masih terbuka lebar. Sebab, sesuai hasil simulasi, masing-masing memiliki plus minus. Hamzah Jalante yang dimintai tanggapannya mengatakan, sebagai anak buah dirinya siap jika ditunjuk mendampingi HM Judas Amir.

BACA JUGA :Kisah Ketua STIEM Palopo : Dari Cleaning Service Hingga Jadi Tukang Becak

” Jika rakyat dan tuhan menghendaki, saya selalu siap,” katanya, Senin (7/8). Hamzah mengakui memang didorong oleh keluarga dan masyarakat untuk bertarung di pilkada Palopo. Hanya saja, hingga saat ini dirinya masih melihat peluang yang ada.

Hamzah punya pengaruh yang cukup di kalangan masyarakat pesisir. Apalagi, dia seorang birokrat yang berprestasi. Berkat sentuhannya, sudah dua kali Palopo meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). WTP adalah pencapaian atau penghargaan tertinggi dibidang pengelolaan keuangan suatu daerah.

” Saya juga punya pengalaman bertarung di pilkada. Tapi saya ingin maju jika mendampingi pak wali,” kata Hamzah Jalante. Pada pilkada Luwu Utara beberapa tahun silam, hamzah pernah mencoba peruntungan dengan maju bertarung. Namun, dia kalah dari pasangan incumbent Lutfhi Andi Muhfti-Arifin Junaidi.

Figur lainnya yang cukup dikenal adalah Marthin Jaya. Marthin punya pengaruh yang cukup kuat di kalangan birokrat. Dia pernah maju di pilkada Palopo berpasangan degan legislator PAN, Alimuddin Nur, tetapi kalah.

” Kalau keinginan untuk maju tetap ada (mendampingi Judas Amir). Hanya saja, perlu kesiapan baik moril maupun materil,” kata.

BACA JUGA :Judas Serahkan KUA-PPAS

Keinginan Marthin Jaya untuk maju di pilkada Palopo ditandai dengan telah mendaftar di Partai Golkar beberapa waktu lalu. Ketua Kosgoro kota Palopo itu, kabarnya juga adalah salah satu figur yang dipersiapkan partai berlambang pohon beringin itu untuk maju.

Kepala Inspektorat Palopo, Samil Ilyas, juga masuk dalam bidikan HM Judas Amir. Samil adalah salah satu birokrat senior yang pernah menduduki beberapa jabatan penting. Diantaranya, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Pasar, mantan Camat dan lainnya. Beberapa waktu lalu, Samil berangkat umroh bareng Judas Amir. Dari Tanah Mekkah keduanya sempat berfoto sambil salam komando.

Figur lain yang cukup menguat adalah Kepala PAM Tirta Mangkaluku, HM Yasir. Disebut-sebut Yasir punya basis di kerukunan keluarga Bugis. Itu terbukti saat Yasir mendudukkan istrinya sebagai anggota DPRD Palopo periode lalu. Kendati berasal dari Pinrang, Yasi sebenarnya sudah lama berkiprah di Palopo. Karirnya dimulai dari PDAM Palopo. Berkat kerja keras dan kemampuan intelektual yang mumpuni, Yasir berhasil menjadi pemegang kekuasaan tertinggi di perusahaan plat merah tersebut.

Adapun RMB, sejak kalah di pilkada lalu hampir tidak pernah terdengar gaungnya. Namun, dia masih memelihara basis massa dan komunitasnya. Seperti Toraja, Bastem, Rongkong, Enrekang dan lainnya. Informasi yang dihimpun menyebutkan, hasil survei mantan Wakil Walikota Palopo itu cukup tinggi dibanding figur lainnya.
RMB juga cenderung tidak jor-joran jika dibandingkan dengan calon lainnya.

Judas Amir sendiri mengakui hingga saat ini ada beberapa figur yang digadang-gadang untuk mendampinginya. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada lembaga survei siapa yang cocok berpaket dengannya. ” Saya maju karena ingin menang. Makanya, saya sangat berhati-hati menentukan pendamping,” kata Ketua DPC Nasdem Luwu itu. (asm/adn)