smpn 8 palopo, berita palopo
Suasana bimtek SPMI di SMPN 8 Palopo, Selasa (1/8) lalu. (ft/jun)
Topik Populer
#Gempa Palu

PALOPO, SeruYA–Lembaga Penjamin Mutu pendidikan (LPMP) Provinsi Sulsel bekerjasama Dinas Pendidikan Kota Palopo kembali menggelar bimbingan teknis sistem penjaminan mutu internal (SPMI). Setelah sebelumnya di SMPN 3 Palopo, kali ini di SMPN 8 Palopo pada Selasa (1/8) lalu.

Kepala SMPN 8 Palopo, Basri berharap dari bimtek ini para guru yang jadi peserta, khususnya dari SMPN 8 bisa menerapkan ilmu yang didapat untuk diterapkan di sekolah. “Kami sangat antusias mengikuti bimtek ini demi meningkatkan mutu pendidikan khususnya di sekolah kami,” kata Basri, kemarin.

BACA JUGA: Sekolah Rujukan, SMPN 1 Pelatihan Karya Ilmiah

Adapun tujuan dari bimtek ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga mampu mencapai 8 standar sesuai kurikulum 2013 (K-13). Delapan standar mutu pendidikan itu antara lain Standar Kompetensi Lulusan, proses, penilaian, Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SD-MI, Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SMP-MTs, Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SMA-MA, Kompetensi Dasar dan Struktur Kurikulum SMK-MAK, dan Buku Teks Pelajaran. Seperti halnya di SMPN 3, bimtek di SMPN 8 juga diikuti guru perwakilan sejumlah sekolah dari SD sampai SMA.

smpn 8 palopo, berita palopo
Suasana bimtek SPMI di SMPN 8 Palopo, Selasa (1/8) lalu. (ft/jun)

Widyaiswara LPMP Sulsel yang juga Pendamping Bimbingan Teknis SPMI, Abduh Makka mengatakan bimtek ini dilaksanakan di dua tempat yakni SMP 3 dan SMP 8. Hal ini dilakukan untuk memudahkan sekolah-sekolah lain sehingga mereka tidak perlu terlalu jauh untuk mengikuti bimtek ini.

BACA JUGA: Siswa SDN 1 Lalebbata Juara di FLS2N Sulsel

“Kami bagi dua tempat agar pelakasanaan bimtek bisa lebih terarah dan memudahkan sekolah lainnya untuk mengikuti bimtek ini,” kata Abduh.

Lebih lanjut dia menambahkan dalam bimtek ini ada beberapa materi yang diberikan seperti sistem penjaminan mutu internal, penjelasan delapan standar nasional pendidikan, kerja kelompok untuk rapor mutu pendidikan, melengkapi Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan lain-lain.

“Materi yang kami berikan ini adalah penyegaran dari bimtek yang kami laksanakan pada tahun lalu. Selain itu ada juga beberapa materi tambahan,” ujarnya.(jun/kin)