LUTRA – Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, melalui Dinas Kesehatan, kembali mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten terbaik dan terinovatif kategori GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) oleh IndoHCF bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dengan judul inovasi Kopi Gaul Keren. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan, Anjas Rusli, Kamis (19/4), di Masamba.

Kopi gaul keren merupakan akronim dari Kelompok peduli ibu gabung usila konsisten bergerak dan energik yang merupakan bagian dari LUTRA Keren yang telah di-launching Bupati Luwu Utara pada 2017 kemarin. Inovator dari Kopi gaul keren adalah Iin Fauzi Frida, yang juga Kepala LABKESDA Dinkes Lutra.

Sebagai inovator dari program tersebut, Iin telah mengirim makalah dan data serta video kegiatan yang dibutuhkan dalam penilaian inovasi pada pertengahan Maret 2018 yang berujung penghargaan.

Sebelumnya, Tim Penilai dari IndoHCF, masing-masing Albert Abednego dari Indonesia Healthcare Forum dan Ridcho Andrian dari Universitas Indonesia telah melakukan verifikasi lapangan pada 10 April 2018 kemarin di tiga kecamatan yaitu Masamba, Sukamaju dan Mappedeceng. Dari hasil verifikasi itu, Luwu Utara dinyatakan terbaik, dan berhak mendapatkan Penghargaan IndoHCF Innovation Awards II.

“Alhamdulillah, tak ada lelah yang sia-sia. Ungkapan ini patut kita sematkan kepada Bupati Luwu Utara yang telah memberikan motivasi kepada kami, sehingga penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik dan Terinovatif Kategori GERMAS oleh IndoHCF dapat kita raih,” ungkap Anjas Rusli. “Insya Allah pemberian penghargaan akan dilakukan di Grand Ballroom Fairmont Hotel Jakarta pada 26 April mendatang,” sambungnya Anjas.

Informasi ini diperkuat dengan adanya surat undangan yang ditujukan langsung kepada Bupati Luwu Utara bernomor 107/IHCF/IV/2018 perihal Pemberitahuan Menerima Penghargaan IndoHCF Innovation Awards II 2018 pada 26 April 2018 mendatang di Grand Ballroom Fairmont Hotel Jakarta. “Sebuah karya untuk Luwu Utara yang Sehat dan Indonesia yang Kuat,” pungkas Anjas (lh/liq)